Mohon tunggu...
Ryan Perdana
Ryan Perdana Mohon Tunggu... Administrasi - Pembaca dan Penulis

Kunjungi saya di www.ryanperdana.com dan twitter @ruaien

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Rocky Gerung: "Kitab Suci itu Fiksi", Bagaimana Seharusnya Sikap Kita?

12 April 2018   14:13 Diperbarui: 12 April 2018   15:10 569
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dosen Filsafat Universitas Indonesia Rocky Gerung dilaporkan ke Polda Metro Jaya lantaran menyebut kitab suci sebagai karya fiksi di sebuah acara di televisi swasta, Rabu (11/4/2018).(Kompas.com/Sherly Puspita)

Pernyataan Rocky Gerung (RG), dosen Filsafat UI, yang menyatakan kitab suci sebagai fiksi membuat gaduh. Silang pendapat berlalu lalang di linimasa social media. Mulai dari yang tidak peduli, menyebut RG ngawur, sampai dengan marah-marah karena dianggap menistakan agama.

Dalam pernyataan lanjutannya, RG menjelaskan bahwa apa yang dimaksud fiksi dan fiktif itu berbeda. Menurutnya, fiksi ialah suatu energi yang dapat mengaktifkan imajinasi, dan itu baik. Sedangkan, fiktif ia sebut sebagai hal buruk karena sebuah kebohongan.

Terlepas benar atau tidaknya tafsir RG tentang perbedaan makna fiksi dan fiktif, bola liar terlanjur jauh menggelinding. Publik kadung tersentak. Muruah sebagai umat beragama tiba-tiba diusik. Keadaan yang sedang menghangat oleh berita-berita di tahun politik, bertambah suhunya karena pernyataan RG.

***

Sebagai umat Islam, pertama mendengar pernyataan RG, saya langsung teringat puisi Sukmawati Sukarnoputri. Karena perasaan yang diproduksi keduanya persis sama. Perasaan saya cenderung memakluminya.

Saya yakin, RG seorang yang mumpuni di bidang filsafat. Namun, dalam keilmuan agama, saya belum pernah mendapat informasi bahwa RG memiliki wewenang ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan. Karena itulah, saya memberikan pemakluman. 

Sederhananya, ungkapan yang dia lontarkan semata karena ketidaktahuan, atau minimal karena belum mendapatkan akses untuk memahami bagaimana teknis turunnya ayat kitab suci sebagai firman Tuhan. Atau, bisa saja ia telah khatam perihal kitab suci, namun memilih untuk tidak meyakini. Sah-sah saja dan itu hak pribadi.

Agama sebagai institusi yang mengakomodasi hal materiil dan imateriil telah menawarkan perangkat untuk memahami keduanya. Indera dan logika telah dibekalkan untuk mengukur hal materiil. Sedangkan, persoalan imateriil dapat dijangkau melalui iman.

Pernyataan RG jelas sekali dilatarbelakangi oleh indera-logika manusia biasa yang tak pernah terlepas dari keterbatasan. Sedangkan untuk menangkap bagaimana kitab suci turun, Isra' Mi'raj berlangsung, dan teknis Nabi Musa membelah lautan, diperlukan alat yang dinamakan iman. Kita hanya mampu mempercayai dan itu termasuk dalam lingkup aqidah yang tak bisa ditawar-tawar.

***

Karena berangkat dari ketidaktahuan atau justru ketidakyakinan, maka anggap saja RG sedang menawarkan perspektif sebagai seorang individu yang berprofesi sebagai akademisi. Tentang apakah itu salah dan belakangan melahirkan polemik, itu soal lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun