Mohon tunggu...
Ryan M.
Ryan M. Mohon Tunggu... Video Editor

Video Editor sejak tahun 1994, sedikit menguasai web design dan web programming. Michael Chrichton dan Eiji Yoshikawa adalah penulis favoritnya selain Dedy Suardi. Bukan fotografer meski agak senang memotret. Penganut Teori Relativitas ini memiliki banyak ide dan inspirasi berputar-putar di kepalanya, hanya saja jarang diungkapkan pada siapapun. Professional portfolio : http://youtube.com/user/ryanmintaraga/videos Blog : https://blog.ryanmintaraga.com/

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Salah Kaprah tentang Introvert

12 November 2019   11:35 Diperbarui: 12 November 2019   11:35 459 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Salah Kaprah tentang Introvert
image: hellosehat

Apa yang pertama terlintas di benak Kompasianer saat mendengar kata 'introvert'?

Harus diakui selama ini konotasi introvert cenderung negatif.  Orang-orang introvert dicap sebagai orang yang nggak asik karena cenderung pendiam dan terkesan tidak berbaur dengan sekeliling.  Dalam sebuah acara, sementara banyak orang ngobrol rame hahahihi, si introvert duduk diam di pojokan sambil menikmati makanan atau minuman yang itupun sudah hampir habis tapi ditahan-tahan.  Jika kebetulan si introvert datang bersama seseorang, biasanya ia minta pulang dengan alasan 'cape'.

Tapi betulkah orang introvert sepayah itu?

Ciri-ciri Introvert

Menurut Carl Jung terdapat 3 jenis kepribadian umum pada manusia yakni Introvert, Ekstrovert, dan Ambivert.

Khusus untuk ambivert, ada penemuan menarik dari Adam Grant seorang psikolog.  Ia menemukan bahwa dua pertiga manusia tidak bisa digolongkan sebagai introvert maupun ekstrovert, maka itu dicetuskanlah kepribadian ambivert yaitu kepribadian yang memiliki kecenderungan introvert maupun ekstrovert.

Kembali ke topik.

Secara umum ciri-ciri introvert -- yang terlihat -- adalah sbb:

  1. Pendiam dan senang menyendiri.
  2. Cenderung menarik diri saat berada di tengah kumpulan orang yang tidak ia kenal dengan baik.
  3. Lebih suka bekerja sendirian.
  4. Lebih suka mendengarkan cerita orang lain ketimbang bercerita.
  5. Sebelum bertindak cenderung mempelajari situasi di sekitarnya terlebih dulu.
  6. Pemikir dan imajinatif.
  7. Lebih mudah mengungkapkan perasaannya melalui tulisan.

Di sebuah blog, saya menemukan ada 4 jenis introvert menurut penelitian Jonathan Cheek yaitu:

  1. Social Introvert: Introvert ini tidak menghindari sosialisasi dan tidak masalah pergi ke tempat yang ramai, hanya saja ia lebih memilih untuk bersosialisasi dengan grup kecil atau teman sekelompoknya.
  2. Thinking Introvert: Introvert ini lebih suka menyendiri, lebih sering di rumah.  Kalau ke mana-mana lebih suka sendiri.  Ia sangat suka berpikir, melamun, dan berimajinasi pada dunia khayalannya.  Rata-rata introvert inilah yang memiliki ide-ide kreatif dan unik (out of the box).  Hm, jadi inget JK Rowling.
  3. Anxious Introvert: Merupakan introvert yang takut dan menghindari kehidupan sosial.  Mereka merupakan introvert yang kemungkinan besar terkena Social Anxiety Disorder dan memerlukan bantuan untuk bisa bersosialisasi.
  4. Restrained Introvert: Introvert yang sangat berhati-hati dalam bertindak karena mereka berpikir dulu, sebab itu mereka cenderung slow moving alias cenderung lambat dalam melakukan sesuatu.

Beberapa ciri lain yang digolongkan masuk kategori introvert adalah:

  1. Cenderung menghindari kontak mata dengan orang lain.  Hal ini disebabkan mereka sedang mencoba melindungi dirinya sendiri dan tidak ingin merasa terindimidasi dengan keberadaan orang tersebut.
  2. Lebih sering melakukan self-talking atau bicara pada diri sendiri.  Hal ini lebih dikarenakan kepribadiannya yang cenderung ingin mengekspresikan perasaan tanpa merasa dihakimi sehingga lebih mudah bagi mereka untuk bicara pada diri sendiri bahkan pada benda mati.

Introvert Tidak Bisa Bersosialisasi?

Nggak juga.  Saya yang seorang introvert bisa bersosialisasi dengan baik, ngobrol bisa nyambung, mau ngobrol berjam-jam juga oke.

Hanya saja saya lebih nyaman saat sedang sendirian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x