Mohon tunggu...
Ryan M.
Ryan M. Mohon Tunggu...

Video Editor sejak tahun 1994, sedikit menguasai web design dan web programming. Michael Chrichton dan Eiji Yoshikawa adalah penulis favoritnya selain Dedy Suardi. Bukan fotografer meski agak senang memotret. Penganut Teori Relativitas ini memiliki banyak ide dan inspirasi berputar-putar di kepalanya, hanya saja jarang diungkapkan pada siapapun. Professional portfolio : http://youtube.com/user/ryanmintaraga/videos Blog : http://blog.ryanmintaraga.com & http://obring.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Tekno Artikel Utama

Apa Kabar BBM?

19 November 2015   16:25 Diperbarui: 20 November 2015   01:55 0 27 25 Mohon Tunggu...

[caption caption="bbm mulai ditinggalkan? (sumber : cybersulutdaily.com)"][/caption]Mungkin ini hanya terjadi pada saya dan orang-orang dekat saja.  Karena penasaran, suatu hari saya iseng bertanya pada beberapa orang,

"Ada yang BBM-nya masih bunyi?"

Maksud pertanyaan saya adalah, apakah saat ini aplikasi perpesanan BlackBerry Messenger - yang ter-install di smartphone kita - masih jadi sarana komunikasi? Masih aktif? Masih ada yang mem-ping kita?

Ternyata sebagian besar menjawab tidak.

"Iya ya, kok gue nggak merhatiin ya?"

"Omongan lu malah ngingetin kalo gue punya BBM."

"Sudah lama gua nggak pake BBM!"

Setidaknya dari pertanyaan iseng tersebut saya jadi tahu bahwa dominasi BBM untuk urusan perpesanan sudah mulai tergusur - minimal terancam - oleh aplikasi lain.  Padahal beberapa tahun lalu, punya PIN BB (yang relatif sulit diingat) adalah salah satu ciri 'kekinian'.  Menenteng perangkat BlackBerry pun sudah membuat pemiliknya bak orang penting yang harus selalu terhubung dengan dunia.

Tapi itu dulu - setidaknya menurut saya.

Oke, kembali ke topik.

Saya pun melanjutkan pertanyaan,

"Sekarang pada pake (aplikasi perpesanan) apa?"

Nah, dari sini jawabannya beragam karena kebutuhan setiap orang berbeda.  Tapi secara garis besar hanya ada 3 aplikasi perpesanan yang populer yaitu Line, Whatsapp, dan Facebook Messenger.

LINE

LINE kebanyakan digunakan oleh pengguna berusia muda.  Daya tarik LINE terletak pada koleksi stiker unyu-unyu sbb :

[caption caption="sebagian koleksi stiker line yang menjadi daya tarik aplikasi perpesanan ini (sumber : line-stickers.com)"]

[/caption]

Dengan sticker-sticker tersebut, pengguna tak akan merasa kesulitan mengekspresikan perasaannya, pun bisa lebih ekspresif.

Selain sticker, daya tarik aplikasi perpesanan asal Jepang tersebut adalah aneka permainan yang ditawarkan, itulah sebab kenapa LINE lebih digandrungi pengguna smartphone berusia belia.

Apakah LINE terpasang di smartphone Kompasianer?

Jika ditanya seperti itu, jujur saya akan menjawab, "Tidak" karena seringnya aplikasi ini mengirim ajakan bermain game.

WhatsApp

Saya yakin, saat ini WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang terinstal di hampir setiap smartphone.  Ringan dan cepat adalah keunggulannya, apalagi sifatnya yang multi-platform, tersedia untuk segala perangkat - baik yang bersistem Android, iOS, Windows, BlackBerry bahkan Symbian!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2