Mohon tunggu...
Ryan Martin
Ryan Martin Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran

Hai, saya Ryan, dan saya merupakan mahasiswa Kedokteran Gigi di salah satu universitas di Bandung. Saya senang menulis berkaitan dengan edukasi di bidang kesehatan gigi dan mulut, serta berbagi pengalaman saya. Saran dan kritik yang membangun, sangat saya harapkan. Semoga apa yang saya bagikan, dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Kelanjutan Misi Rahasia "Gerombolan Siberat" di Mulut Kalian, Apa Jadinya?

11 Juli 2021   16:35 Diperbarui: 19 Agustus 2021   15:07 102 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kelanjutan Misi Rahasia "Gerombolan Siberat" di Mulut Kalian, Apa Jadinya?
Sumber: www.deviantart.com

Hai, saya Ryan dan saya adalah seorang mahasiswa tahun terakhir jurusan kedokteran gigi di salah satu universitas negeri di Bandung. Berbicara mengenai jurusan saya, tentu sudah jelas terpampang dari namanya, bahwa saya mempelajari mengenai kesehatan gigi dan mulut. 

Awalnya, saya tidak menyangka bahwa mempelajari gigi akan serumit ini, terutama jika sudah membahas berbagai penyakit yang dapat terjadi didalamnya. Salah satu penyakit yang umum terjadi di Indonesia sendiri adalah “Karies”. 

Saya sempat menulis mengenai penyakit ini pada artikel yang berjudul “Misi Rahasia Gerombolan Siberat Di Dalam Mulut Kalian”. Artikel ini akan membahas kelanjutan dari misi rahasia “Gerombolan Siberat” ini. Penasaran? Yuk, disimak!

“Gerombolan Siberat” akan selalu ada didalam mulut kita dan tidak dapat dimusnahkan. Hal ini disebab karena mereka adalah “penduduk lokal” di mulut kita. 

Mereka adalah bakteri di dalam mulut, yang ikut berperan aktif dalam menjaga kestabilan lingkungan mulut serta membantu mengeluarkan enzim yang melicinkan makanan agar dapat ditelan. Hal yang perlu diperhatikan dari mereka adalah: apakah mereka sedang menjalankan misi rahasia mereka, atau tidak. 

Tentunya, jangan sampai mereka menjalankan misi rahasianya, sebab hal itu akan sangat merugikan. Misi rahasia mereka adalah untuk mencuri lapisan gigi di mulut kita hingga habis tidak tersisa. Mereka menggunakan zat asam untuk mengikis gigi secara perlahan, namun pasti. 

Sebagai pemiliki mulut dan gigi, tentunya kita tidak boleh membiarkan hal ini terjadi begitu saja. 

Jika kehilangan gigi, tidak hanya kesulitan dalam mengunyah makanan, namun kita juga akan merasakan sakit yang amat hebat.Kita harus menggagalkan misi rahasia itu dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut, yakni dengan rajin menyikat gigi dua kali sehari, serta memeriksakan gigi kepada dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Namun, tentunya “Gerombolan Siberat” tidak akan setenar ini jika mereka tidak melakukan banyak keberhasilan dalam misinya.

Kesadaran masyarakat akan kebersihan gigi dan mulut masih dapat dikategorikan rendah, sehingga “Gerombolan Siberat” dapat berjaya dalam misi mereka. 

Bahayanya, mereka tidak hanya memiliki satu misi, lho! Selain bertujuan mencuri gigi kita dengan mengikisnya secara perlahan, mereka juga ingin sekali merebut mulut kita! Wah, bagaimana bisa begitu, ya?

Layaknya pertahanan di film “Attack on Titan”, gigi manusia memiliki tiga benteng pertahanan. Benteng pertama bernama Enamel, yang merupakan tembok terluar dari gigi, berperan penting untuk menjaga gigi dari benturan serta menjalankan fungsinya sebagai pengoyak makanan manusia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x