Mohon tunggu...
Ryan Martin
Ryan Martin Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Kedokteran Gigi

Berbagi Pengalaman, Perasaan, Pemikiran dan Kisah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

13 Buku Kedokteran Gigi yang Akan Menyelamatkan Kalian, Wahai Para Mahasiswa Baru Kedokteran Gigi

22 Januari 2021   11:05 Diperbarui: 18 Oktober 2021   13:24 3679
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: studyinhungary.hu

Hai, perkenalkan saya Ryan. Saya adalah seorang mahasiswa tahun ketiga dalam prodi Kedokteran Gigi di Universitas Padjadjaran. Banyak lika-liku serta gejolak pembelajaran yang telah saya alami sebagai seorang mahasiswa kedokteran gigi. Terkadang, saya merasa kesulitan ketika harus mencari informasi mengenai suatu topik, dikarenakan kurangnya referensi yang saya ketahui. Terutama, disaat saya masih menjadi seorang mahasiswa baru. Saya termasuk mahasiswa yang niat dalam mencari ilmu (doakan saja agar hal ini menjadi suatu kenyataan). Namun, karena tidak ada referensi, niat ini pun menjadi kesia-siaan.

Bagaikan ingin berperang, namun tidak mempersiapkan bambu runcing. Berangkat dari keresahan di masa kelam itu, saya ingin membantu rekan sejawat saya, sesama mahasiswa kedokteran gigi.

Melalui artikel ini, saya ingin membagikan 13 referensi buku ajar yang akan bermanfaat bagi kalian, para mahasiswa kedokteran gigi, khususnya mahasiswa baru atau mungkin siswa-siswa SMA yang berniat untuk menggeluti perkuliahan di kedokteran gigi. Jika diantara kalian ada yang bertanya-tanya, mengapa saya mereferensikan buku ajar begitu banyak? Hal ini dikarenakan setiap mata kuliah memiliki buku ajar masing-masing. Baiklah, mari kita mulai.

Pertama, buku ajar anatomi berjudul "Netter's Head and Neck Anatomy for Dentistry"

Anatomi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai struktur dan organisasi bagian tubuh makluk hidup. Saat semester pertama, buku ini sangatlah membantu saya dalam memahami anatomi kepala dan leher dari manusia. Buku ini menyediakan informasi yang begitu detail dan dilengkapi dengan gambar yang mudah dipahami. Subbab buku ini secara umum terdiri atas anatomi tengkorak manusia, sistem otot, persendian, vaskularisasi dan inervasi dari kepala dan leher. Bisa dikatakan, buku ini adalah buku wajib yang dimiliki oleh mahasiswa kedokteran gigi. 

Kedua, buku ajar histologi berjudul "diFiore's Atlas of Histology with Functional Correlations"

Histologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai struktur jaringan secara detail, umumnya menggunakan mikroskop. Buku yang menurut saya pribadi, sangat bermanfaat dalam memperlajari ilmu histologi. Gambar yang diberikan sangatlah jelas, begitu pula penjelasan mengenai gambar tersebut. Saya yakin, kalian akan mudah memahaminya, karena bahasa yang digunakan mudah dimengerti. Subbab yang dijelaskan dalam buku ini, tidak hanya terbatas pada kepala dan leher saja, melainkan histologi dari seluruh tubuh, sehingga untuk mahasiswa kedokteran umum, buku ini akan sangat bermanfaat pula.

Ketiga, buku ajar operative dentistry berjudul "Sturdevant's Art and Science of Operative Dentistry"

Operative dentistry merupakan cabang ilmu kedokteran gigi yang mempelajari mengenai segala hal berkaitan dengan pencegahan dan perawatan dari gigi. Buku ini merupakan buku pegangan dalam pemberian ilmu berkaitan dengan operative dentistry di universitas saya, sehingga seluruh mahasiswa di kampus saya, tentunya akan memiliki buku ini. Setiap langkah yang dijelaskan didalam buku ini, baik berkaitan dengan alat dan bahan, prosedur preparasi, maupun prosedur perawatan, dapat dijelaskan dengan lengkap dan jelas.

Keempat, buku ajar orthodontia berjudul "Jaypee's Textbook of Orthodontics"

Orthodontia merupakan cabang ilmu kedokteran gigi yang mempelajari mengenai teknik merapikan gigi, dengan bantuan beberapa peralatan, seperti kawat. Buku Jaypee ini sebenarnya bukanlah buku pegangan terhadap ilmu orthodontia. Namun, berdasarkan pengalaman saya, melalui buku ini, saya dapat lebih mudah memahami dasar dari ilmu orthodontia. Jika dari kawan-kawan ada yang memiliki referensi lain, mungkin bisa dituliskan di kolom komentar. Tapi, sejauh ini, saya akan merekomendasikan buku ini untuk menjadi awal pembelajaran dari teman-teman mengenai ilmu orthodontia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun