Mohon tunggu...
Ryan Jauhari
Ryan Jauhari Mohon Tunggu... Profile kak ryan di kompasiana

Memulai hobbi blogging untuk belajar teknologi terbaru

Selanjutnya

Tutup

Media

Tips Nge-blog dengan Platform Gratisan

26 Januari 2020   11:06 Diperbarui: 26 Januari 2020   11:25 19 0 0 Mohon Tunggu...
Tips Nge-blog dengan Platform Gratisan
Ilustrasi catatan blog sumber : pixabay.com

Hey aku punya cara baru buat kamu yang suka sekali ngeblog dan menulis. Karya tulis kamu bahkan bisa dijadikan uang, mau tahu bagaimana caranya? Ikuti saja tahapan yang aku berikan dibawah ini. Tapi sebelumnya aku mau bagi tahu terlebih dahulu ke kalian, kalau semua itu butuh waktu dan juga proses yang sedikit rumit. Maka kalian harus bersabar dan tekuni menulis selama bebeberapa bulan sebelum bisa menghasilkan uang.

Kita akan mulai dengan platform blogspot, kamu bisa membuat blog secara gratis di blogger.com, pastikan saat mendaftar kamu sudah mempersiapkan logo, nama, dan nama URL. Itu sangat penting untuk membranding Blog yang kamu kembanhkan.

Untuk template / theme kamu bisa menggunakan yang gratisan seperti brosense, simpleblogku, ataupun textrim.

Jangan lupa lengkapi blogmu dengan halaman privasi, syarat dan ketentuan, tentang, serta halaman kontak. Ini penting jika kamu ingin membuat blog untuk kebutuhan komersial.

Okey lanjut, pilih topik blog yang sesuai dengan hobbi kamu. Misal webmaster. bola maka kamu harus menulis tentang bola, Suka pantun juga bisa menulis tentang pantun. Tapi jangan pernah mencampur artikel dalam blog mu dengan topik lain, karena itu bisa membuat blog kamu terlihat tidak menarik.

Buat artikel dengan menggunakan thumbnail (gambar) minimal dengan ukuran 1280x270, kamu bisa membuatnya sendiri. Atau jika kamu tidak sempat membuatnya kamu bisa menggunakan gambar gratis dari pixabay.com, atau shutterstock.com

Dan satu lagi yang penting, artikel yang kamu buat tidak boleh kurang dari 700 kata. Lebih bagus kalau kamu bisa melebihi 700 kata.

Dalam waktu beberapa bulan, kamu wajib mengisi artikel blog mu setiap harinya. Jangan lupa submit URL blog mu di google webmaster. Caranya masuk ke dashboard blogmu klik setelan lalu pilih preferensi penelusuran, pada bagian search console klik edit dan masukan URL Blogmu.

Jika rutin menulis dalam waktu 3 bulan kamu sudah bisa mendapatkan pengunjung minimal 100-300/ hari. Ini artinya kamu sudah bisa masang iklan di blogmu, mau pasang iklan mgid ataupun google adsense itu pilihanmu.

jika kamu masih kebingungan kamu bisa membaca topik seputar blogging disini. Saya membagikanya secara cuma-cuma buat kamu yang ingin belajar blogging.

Blog bukan sekedar hobi, tapi juga adalah bisnis jadi nggak heran kalau orang banyak memanfaatkanya bahkan ada yang membuka les privat blog seperti mastimon.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x