Mohon tunggu...
Ruzika Halim
Ruzika Halim Mohon Tunggu... Lainnya - Ruzika Halim

S1 Gizi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Serunya Berbahasa Indonesia

3 Desember 2020   23:19 Diperbarui: 3 Desember 2020   23:21 26 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Serunya Berbahasa Indonesia
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang telah disepakati dan dipakai oleh Negara Indonesia sebagai bahasa nasional. Sebenarnya ada banyak bahasa yang di gunakan di setiap daerah yang berbeda berdasarkan suku dan budaya masing-masing di setiap daerah. Maka dari itu Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa national yang berfungsi sebagai alat komuikasi antar warga, selain itu yang paling utama yaitu Bahasa Indonesia berfungsi sebagai Identitas Negara Indonesia. Berbicara tentang beragamnya suku yang ada di Indonesia dan bahasa daerah yang berbeda-beda akan membuat kita mudah saling berinteraksi dengan suku lain menggunakan Bahasa Indonesia namun, kita juga tidak boleh melupakan bahasa asal daerah kita dan harus tetap melestarikannya.

Selain Bahasa Indonesia ada juga Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional yang digunakan oleh semua negara sebagai alat komunikasi antar negara, jadi kita juga bisa berkomunikasi dengan orang asing menggunakan Bahasa Inggris. Belajar banyak bahasa tentunya sangat bagus, dapat menambah wawasan dan tentunya dapat mengasah otak, kita juga bisa menambah teman dan berhubungan baik dengan warga negara lain dengan cara belajar bahasa mereka. Di Indonesia ada sekolah-sekolah yang bertaraf internasional sehingga dalam kesehariannya mereka menggunakan Bahasa Inggris, ada juga sekolah yang menerapkan bahasa peminatan seperti di sekolahku mempelajari Bahasa Jepang, ada juga yang ingin terlihat keren dan lebih percaya diri menggunakan Bahasa Inggris, selain itu memudahkan kita untuk bepergian ke luar negeri.

Banyak bahasa yang dapat kita pelajari namun, Bahasa Indonesia juga tidak kalah menarik loh. Banyak warga negara lain yang mempelajari Bahasa Indonesia, mereka bahkan ada yang berkunjung ke Indonesia hanya untuk belajar Bahasa Indonesia. Seiring berjalannya waktu Bahasa Indonesia cukup menarik perhatian warga negara asing, kita sebagai masyarakat Indonesia harus bangga dengan bahasa kita yaitu Bahasa Indonesia. Teruslah belajar dan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, karena pada era generasi milenial seperti sekarang ini banyak penggunaan Bahasa Indonesia yang kurang baik dan tidak tepat penggunaanya, jangan terpengaruh dengan budaya luar yang berdampak buruk untuk penggunaan bahasa yang kita gunakan sehari-hari. Bangga dan selalu menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar akan menjadikan Bahasa Indonesia semakin dikenal oleh negara lain sebagai bahasa yang unik, keren, dan memiliki tatanan kata yang baik. Berbahasa yang baik merupakan cerminan dari perilaku negara tersebut.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x