Mohon tunggu...
Ruth Elsaday
Ruth Elsaday Mohon Tunggu... Wiraswasta - Staff

Seorang lulus PGSD. Gemar menonton film, mendengarkan musik, travelling

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Belajar dari Pengalaman

28 September 2022   21:08 Diperbarui: 28 September 2022   21:17 43 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

"Belajar" dalam pendidikan adalah konsep pengetahuan yang banyak dilakukan oleh pendidik. Sebagai guru yang berperan sebagai pendidik atau pengajar akan berusaha menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik dengan sungguh-sungguh. Seorang psikolog bernama Jean Piaget mengembangkan teori kognitif yang berbicara tentang manusia membangun kemampuan kognitifnya dengan motivasi yang dilakukan oleh diri sendiri terhadap lingkungannya. Inti dari konsep teori ini adalah bagaimana munculnya rencana manusia dalam mempersepsikan lingkungannya dalam tahapan-tahapan perkembangan manusia atau saat seseorang mendapatkan cara baru dalam memaknai informasi secara mental. Berdasarkan teori belajar kognitif, belajar merupakan proses perubahan persepsi atau pemahaman. Dengan kata lain, belajar itu tidak hanya membahas tentang perubahan tingkah laku atau sikap yang bisa diamati. Setiap orang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang berbeda. Pengalaman dan pengetahuan inilah yang membuat kegiatan pembelajaran akan berjalan dengan baik. 

Sebuah film berjudul "Mencuri Raden Saleh" yang menceritakan tentang sebuah kisah sekelompok anak muda yang mempunyai rencana pencurian terhadap lukisan termahal dan karya sang maestro Raden Saleh. Rencana tersebut disebut dengan "penangkapan Pangeran Diponogoro" Lukisan yang akan dicuri terletak di istana negara, kelompok ini memulai rencana dari pemalsuan lukisan, peretasan data, dan manipulasi. Kelompok ini terbentuk karena sama-sama mengincar uang yang ditawarkan dari imbalan pencurian tersebut. Tentunya rencana kelompok ini untuk mencuri lukisan tersebut tidaklah mudah. Lantas apakah kelompok ini berhasil melakukan rencana tersebut? 

Singkat cerita, setelah aksi pertama yang membuat Piko dan teman-teman terbentur dan menemukan bahwa kegagalan dipekerjaan mereka. Piko dan teman-teman kemudian belajar banyak dari pengalaman sebelumnya, film mulai berjalan ke arah yang sepenuhnya menggali grup pencuri paling lihai dengan sensasional. Jadi setelah mengubah rencana dan membuat rencana baru yang lebih matang dari rencana sebelum grup ini berhasil melakukan pekerjaan tersebut walau ada hambatan-hambatan lainnya. 

Sepanjang menonton film tersebut, mengingatkan terhadap teori belajar kognitif yang dimana belajar merupakan proses perubahan persepsi atau pemahaman. Artinya "belajar" dalam teori kognitif yaitu proses perilaku seseorang dapat ditentukan oleh persepsi atau pemahamannya dalam melihat situasi yang berhubungan dengan tujuan proses belajar mengajar. Teori ini mempercayai bahwa "belajar" itu dihasilkan dari proses persepsi kemudian membentuk hubungan antara pengalaman yang baru dan pengalaman yang sudah tersimpan di dalam diri seseorang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan