Mohon tunggu...
Ruth Claudya
Ruth Claudya Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Penulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Mahasiswa dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Selama Pandemi Covid-19

25 Juli 2021   16:31 Diperbarui: 25 Juli 2021   17:03 403
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pandemi Covid-19 yang bermula sejak bulan Desember 2019 tak kunjung memunculkan tanda-tanda akan hilang di seluruh belahan dunia, termasuk juga di Indonesia. Di Indonesia sendiri kasus pertama ditemukan pada bulan Maret 2020. Menurut Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Perkembangan kasus aktif pada mulanya meningkat tajam, namun menunjukkan penurunan yang konsisten hingga bulan Oktober 2020. Bulan November 2020 hingga Maret 2021 trennya terlihat fluktuatif dan cenderung melandai, serta tidak setajam dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Akan tetapi, pada pekan keempat usai Lebaran 2021 kasus melonjak naik hingga 112,22 persen. Kasus ini lebih tinggi dibanding Lebaran 2020 dengan kasus naik 93,11 persen (CNN Indonesia, 2021). Maka dari itu, Pemerintah menarik rem darurat untuk memutus penyebaran Covid-19 dengan cara memberlakukan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak tanggal 3 Juli 2021. Dengan diberlakukannya kebijakan PPKM ini membuat semakin sulitnya aktivitas yang bisa dilakukan di luar rumah, bahkan beberapa tempat harus tutup selama masa PPKM.Sejak awal mula Covid-19 masuk ke Indonesia, pandemi ini berdampak di berbagai sektor kehidupan. Banyak karyawan yang di PHK, banyaknya usaha yang gulung tikar, sulitnya untuk beraktivitas di luar, dan lain-lain. Walaupun demikian, pandemi tidak menjadi penghalang untuk mahasiswa dalam menjalankan peran dan fungsinya, yaitu sebagai agen perubahan (agent of change), sebagai generasi penerus yang tangguh (iron stock), sebagai pengontrol kehidupan sosial (social control), sebagai penjaga nilai-nilai (guardian of value), serta sebagai penjaga moral (moral force).

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai universitas yang berfokus pada bidang pendidikan ambil peran dalam menjaga kualitas pendidikan, khususnya di masa pandemi melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). UPI telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata sejak tahun 1975 sampai sekarang (46 tahun) dan menjadi koordinator perguruan tinggi yang melaksanakan KKN Citarum Harum dari sektor 1 hingga sektor 22. Tentu selama 46 tahun UPI telah memiliki banyak pengalaman dan membantu berbagai daerah, khususnya daerah yang fasilitasnya kurang memadai.

Ruth Claudya, salah satu mahasiswi UPI merupakan peserta Kegiatan KKN Tematik UPI tahun 2021 dengan Dosen Pembimbing Bambang Erawan, M.Pd. KKN Tematik UPI tahun 2021 mengangkat judul “Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi” (KKN Tematik MDBPE-MBKM). Tema yang dipilih adalah Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan. Selama bulan Juli 2021 KKN Tematik akan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Cigombong yang berlokasi di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan KKN Sebagian besar dilakukan secara daring. Hal ini dikarenakan meningkatnya lonjakan kasus Covid-19 sehingga Pemerintah memutuskan untuk memberlakukan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sejak tanggal 3 Juli 2021. Beberapa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh, yaitu pendampingan pada peserta didik dan orang tua melalui media WhatsApp. Pendampingan yang dilakukan meliputi penguatan dan juga kendala yang dialami selama pembelajaran jarak jauh. Kemudian, upaya lainnya adalah memberikan penguatan di semua mata pelajaran dengan berdiskusi secara daring dengan guru mata pelajaran tersebut. Selain itu upaya lainnya juga, yaitu membuat media pembelajaran, seperti video pembelajaran, poster, dan media pembelajaran lainnya. Lalu, upaya lainnya yang dilakukan, yaitu membantu administrasi sekolah seperti mendata kehadiran peserta didik, mendata peserta didik yang sudah mengembalikan buku ke perpustakaan, mendata peserta didik yang sudah mengumpulkan tugas, dan lainnya.

Melalui Kegiatan KKN Tematik UPI 2021 di bidang pendidikan ini diharapkan mampu meningkatkan efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh selama pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Cigombong.

Sumber:

https://covid19.go.id/p/berita/setahun-pandemi-perkembangan-grafik-menjadi-refleksi-kualitas-penanganan

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210617172603-20-655831/lonjakan-covid-19-usai-lebaran-2021-lebih-tinggi-dari-2020

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun