Mohon tunggu...
Rutan Temanggung
Rutan Temanggung Mohon Tunggu... Administrasi - Humas Rutan Kelas IIB Temanggung
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Membaca, Menulis, Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Antisipasi Penyakit Beresiko Tinggi, Rutan Temanggung Lakukan VCT Mobile dan Pemeriksaan HIV/AIDS pada WBP

30 November 2022   21:23 Diperbarui: 30 November 2022   21:36 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Temanggung - Dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan terhadap warga binaan pemasyarakatan (WBP) serta peningkatan penemuan  kasus HIV pada kelompok resiko tinggi (Risti) , Rumah Tahanan Negara (Rutan Temanggung) lakukan kegiatan VCT ( Viluntary  Counseling Test) mobile dan pemeriksaan HIV/AIDS pada warga binaan pemasyarakatan Rutan klas IIB Temanggung. Kegiatan ini dilaksanakan di depan Klinik Rutan Temanggung dengan pengamanan Petugas jaga. Rabu (30/11).

Kegiatan ini di laksanakan atas kerja sama Rutan Temanggung dengan Dinas Kesehatan kabupaten Temanggung, Puskesmas Temanggung dan Laboratorium kesehatan (LabKes) kabupaten Temanggung. Kegiatan dilaksanakan dengan melakukan konseling dan pemeriksaan HIV/AIDS terhadap 75 orang warga binaan di Rutan Temanggung yang beresiko tinggi.

Pemeriksaan HIV /AIDS selalu di lakukan oleh perawat Rutan pada saat pertama kali Tahanan masuk Rutan Temanggung. Kegiatan VCT mobile dilaksanakan setiap 6 bulan sekali. Jumlah Penghuni Rutan klas IIB Temanggung sebanyak 144 orang sudah seluruhnya mendapat pemeriksaan HIV /AIDS.

Kepala Rutan Temanggung, Syaikoni mengungkapkan, dikarenakan Rutan Temanggung telah melaksanakan Memorandum of Understanding (MOU) dengan Dinas Kesehatan Temanggung dan Puskesmas Temanggung maka kesehatan para warga binaan di Rutan Temanggung bisa lebih terjamin.

"Kami telah melakukan MOU dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung dan juga Puskesmas Kabupaten Temanggung. Dengan adanya kesepakatan ini, kami jadi lebih mudah untuk mengetahui kesehatan para Warga Binaan di Rutan Temanggung". Ujar Syaikoni (Humas Rutan Temanggung)

#Ayuspahruddin

#Kemenkumham Jateng

#Rutan Temanggung

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun