Mohon tunggu...
RUTAN PELAIHARI
RUTAN PELAIHARI Mohon Tunggu... Editor - Humas Rutan kelas IIB Pelaihari

Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pelaihari merupakan Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dibawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selata

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE), Rutan Pelaihari Wujud Nyata Peduli WBP

19 September 2022   10:45 Diperbarui: 19 September 2022   11:01 86 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Berbagai upaya terus dilakukan oleh Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pelaihari dalam membina Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan menghadirkan sejumlah program-program kemandirian bagi WBP-nya sebagaimana yang tertuang di dalam Permenkumham Nomor 35 Tahun 2018 tentang Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan, Senin (19/09/2022).

Program kemandirian yang dihadirkan Rutan Kelas IIB Pelaihari diantaranya Bengkel Motor dan Mobil, Cucian Motor dan Mobil, Jahit Pakaian, Kolam Ikan Lele dan Kebun Asimilasi yang melibatkan peran dan skill dari WBP itu sendiri.

Untuk program Kebun Asimilasi, Rutan Kelas IIB Pelaihari belum lama ini, tepatnya pada Jumat tanggal 29 Juli 2022 lalu telah resmi dibuka Sarana Edukasi Asimilasi yang berlokasi di area belakang Rutan dengan luas tanah 1.681 meter persegi.

Plt. Kepala Rutan Kelas IIB Pelaihari, Rahmad Pijati mengatakan bahwa segala macam aktivitas di dalam area tersebut mulai dari membersihkan lahan, menanam bibit sayuran dan benih ikan hingga masa panen semuanya dilakukan oleh para WBP Asimilasi dan tentunya dibawah bimbingan dan pengawasan yang ketat dari Petugas Rutan Kelas IIB Pelaihari itu sendiri.


"Jadi memang Warga Binaan yang ditempatkan di Kebun Asimilasi ini memang mereka luar biasa. Mereka punya keahlian yang luarbiasa. Jadi, mereka (WBP) ini berasal dari tempat asal yang berbeda-beda, dimana karakter pola pertanian mereka berbeda-beda. Cara mengolah tanah dan menanam itu berbeda, tapi disini mereka disatukan, mereka saling mengisi dan saling belajar.", jelas Pijati disela-sela kunjungannya ke Kebun Asimilasi.

"Kehadiran Kebun Asimilasi ini tentu saja membawa angin segar bagi Rutan Kelas IIB Pelaihari, WBP dan warga di sekitar area kebun tersebut, dimana untuk hasilnya sendiri, Rutan Pelaihari telah beberapa kali berhasil memanen sayuran seperti Sawi, Bayam dan Daun Bawang dalam jumlah yang cukup banyak untuk dikonsumsi dan dijual ke Pengepul" tambah Pijati.

"Selain itu juga, dengan adanya program-program kemandirian seperti ini memudahkan WBP memperoleh pengetahuan dan keterampilan sehingga ketika bebas nanti mereka (WBP) dapat diterima di lingkungan masyarakat berkat keahlian dan keterampilan yang dimiliki selama "menimba ilmu" di Rutan Kelas IIB Pelaihari."  harapnya.


Kontributor: Humas Rutan Pelaihari.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan