Mohon tunggu...
Rutan Majene
Rutan Majene Mohon Tunggu... Administrasi - Rutan Kelas IIB Majene adalah Unit Pelaksanan Teknis Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulawesi barat

Rutan Kelas IIB Majene adalah Unit Pelaksanan Teknis Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulawesi barat

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sudah Puluhan Tahun, Rutan Majene Berdayakan WBP Usaha Cuci Mobil dan Motor

4 Oktober 2022   13:47 Diperbarui: 4 Oktober 2022   13:49 38 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

RutaNe_Info - Penyelenggaraan program pembinaan kemandirian di Rutan Kelas IIB Majene menjadi ajang bagi Warga Binaan untuk mendapatkan keterampilan yang baru.

Sudah puluhan tahun Rutan Majene memberdayakan Warga Binaannya dalam pembinaan Cuci Mobil dan Motor di RutaNe Kinclong (Sebutan Pembinaan Cuci Mobil dan Motor Rutan Majene)

Tercatat hari ini ada 2 orang Warga Binaan yang mengikuti pembinaan cuci mobil dan motor tersebut.

Kedua Warga Binaan tersebut sebelumnya sudah memenuhi syarat untuk dipekerjakan diluar area Rutan. Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Rutan Majene, Mansur saat dijumpai di ruangan kerjanya. (4/09)

"Program pencucian mobil dan motor tersebut sudah puluhan tahun dilaksanakan dan WBP yang kita pekerjakan pun adalah yang memenuhi syarat di antaranya berkelakuan baik selama menjalani hukuman, dan juga sudah melewati setengah masa hukuman, yang ini tentunya ditentukan melalui sidang TPP". Imbuh Karutan Majene

Ia kemudian sangat berharap dari pembinaan tersebut lahirlah Warga Binaan yang memiliki skill serta dapat diterima kembali dalam lingkungan masyarakat dengan status pribadi yang jauh lebih baik.

Pria yang merupakan salah satu Kepala UPT Pemasyarakatn Kanwil Kemenkumham Sulbar tersebut melanjutkan "Kami tidak hanya mempekerjakan merekan namun mereka dapat upah dari hasil jasa cuci yang mereka lakukan".

Dok. Rutan
Dok. Rutan
Amar, Salah Satu Warga Binaan yang ikut pembinaan tersebut mengatakan "Alhamdulillah ini jadi pengalaman. Kalau bebas nanti mudah-mudahan bisa diteruskan"

RutaNe Kinclong sendiri buka dari pagi hingga sore setiap harinya. Untuk tarifnya sangat jauh dari harga Carwash yang ada diluar sana yakni motor hanya Rp.10 ribu dan Mobil Rp.35 ribu. (AM/Humas RutaNe)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan