Mohon tunggu...
Rutan Demak
Rutan Demak Mohon Tunggu... Administrasi - Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak

Rumah Tahanan Negara Kelas II B Demak merupakan Salah satu Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di Wilayah Jawa Tengah, yang berfungsi sebagai Lembaga Pemasyarakatan. Menempati areal 2.944 m2 ( terdiri dari 1.350 m2 untuk bangunan, dan sisanya untuk sarana lingkungan ) Rumah Tahanan Negara Kelas II B Demak terletak di Jalan Glagahwangi No. 92 Demak Kodepos 59511 dengan nomor telepon ( 021) 685128

Selanjutnya

Tutup

Politik

Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Karutan Demak Berpesan Jaga Persatuan dan Kesatuan

1 Oktober 2022   15:03 Diperbarui: 1 Oktober 2022   15:05 111 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

DEMAK -- Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak Riski Burhannudin memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022 yang bertempat di  lapangan Rutan Demak, Sabtu (01/10/2022).

Upacara tersebut terlaksana pada pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai diikuti oleh semua Pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak.

Hari Kesaktian Pancasila adalah perayaan di bulan Oktober untuk memperingati pentingnya Pancasila sebagai dasar negara bangsa Indonesia. Peringatan tanggal 1 Oktober tersebut tidak lepas dari peristiwa bersejarah G30S PKI. Adapun tema yang diangkat pada Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 adalah "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila".

Sebelum pelaksanaan Upacara Hari Kesaktian Pancasila, pada tanggal 30 September 2022 dilaksanakan pengibaran bendera setengah tiang dan pada tanggal 01 Oktober 2022 pukul 06.00 waktu setempat, bendera berkibar satu tiang penuh. Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini bertujuan untuk memperkuat kesetiaan sebagai warga negara termasuk Pegawai Negeri Sipil, agar bisa lebih cinta lagi terhadap Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Pancasila merupakan ideologi negara, yang harus selalu dijunjung tinggi.

Upacara berlangsung singkat tanpa pidato dari pembina upacara. Meski demikian tetap dibacakan teks Pancasila dan pembukaan UUD 45. Puncaknya adalah pembacaan naskah Ikrar Kesetiaan kepada Pancasila, Ikrar Kesetiaan Pancasila tersebut sebagai bentuk tekad yang bulat untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Usai upacara, Kepala Rutan Demak Riski Burhannudin menyampaikan "Saya dan seluruh Pegawai Rutan Demak mengucapkan selamat Hari Kesaktian Pancasila, melalui kegiatan ini kami semua turut mengenang peristiwa bersejarah yang terjadi di Indonesia pada masa lalu. Dengan ideologi Pancasila kita sebagai generasi penerus bangsa harus bangkit dari keterpurukan dilanda pandemi Covid-19 dan kita harus menjaga Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia agar dapat mewujudkan kehidupan yang menghargai perbedaan dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia", ujar Riski.

Dengan adanya peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini diharapkan semua Pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Demak mampu menanamkan nilai-nilai Pancasila yang ada dalam diri masing-masing sehingga muncul karakter bangsa dan semangat bangsa untuk maju dan bahagia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan