Mohon tunggu...
Lapas Batang
Lapas Batang Mohon Tunggu... Lainnya - Lapas Kelas IIB Batang

Instansi Pemerintah Di bawah Kementerian Hukum dan HAM

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Lapas Batang Kanwil Kemenkumham Jateng Adakan Sosialisasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan

20 September 2022   12:41 Diperbarui: 20 September 2022   12:44 65 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Berlakunya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan yang sudah diteken langsung oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 3 Agustus 2022. Lapas Batang mengadakan sosialisasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan tersebut. Bertempat di Aula Serba Guna Lapas Batang. Diikuti oleh seluruh Warga Binaan Pemayarakatan Lapas Batang, Selasa (20/09/2022).

Dok. Lapas Batang
Dok. Lapas Batang

Kepala Lapas Batang Rindra Wardhana beserta jajarannya melakukan sosialisasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan. "Undang Undang yang baru lebih baik dari Undang Undang sebelumnya, tentunya aturan aturan yang sebelumnya ada yang sudah tidak berlaku lagi." Tutur Kepala Lapas Batang Rindra Wardhana. 

UU No. 22 Tahun 2022 ini merupakan subsistem peradilan pidana yang dalam penyelenggaraannya meliputi penegakan hukum di bidang perlakuan terhadap tahanan, anak, dan warga binaan yang secara langsung mencabut UU No. 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan hukum masyarakat dan belum sepenuhnya mencerminkan kebutuhan pelaksanaan sistem pemasyarakatan.

Sosialiasi UU no. 22 Tahun 2022 dapat digunakan Petugas Lapas Batang sebagai pedoman pada masa peralihan dalam pelaksanaan pemenuhan hak bersyarat bagi narapidana, sesuai dengan UU No. 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan. Untuk diketahui, UU No. 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan mengamanatkan perbaikan secara mendasar dalam pelaksanaan fungsi Pemasyarakatan yang meliputi Pelayanan, Pembinaan, Pembimbingan, Kemasyarakatan, Perawatan, Pengamanan, dan Pengamatan dengan menjunjung tinggi penghormatan, pelindungan, dan pemenuhan hak asasi manusia.

Pemenuhan hak bersyarat bagi narapidana yang dimaksud meliputi remisi, asimilasi, cuti mengunjungi atau dikunjungi keluarga, cuti bersyarat, cuti menjelang bebas, dan pembebasan bersyarat sesuai dengan Pasal 10 ayat (1) huruf a sampai dengan huruf f Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan. 

"Terpenuhinya hak WBP tidak secara mutlak namun harus berkelakuan baik, aktif mengikuti program pembinaan, dan telah menunjukkan penurunan tingkat resiko," tutur Kasi Binadik dan Giatja Lapas Batang Satriya Dinda Wicaksono. Hal itu sesuai dengan isi Pasal 10 ayat (2) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022. 

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memenuhi hak-hak bersyarat bagi Narapidana sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan merupakan bagian dari upaya Lapas Batang melakukan peningkatan pelayanan bagi WBP dan masyarakat.

Dok. Lapas Batang
Dok. Lapas Batang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan