Mohon tunggu...
Rutan Banjarnegara
Rutan Banjarnegara Mohon Tunggu... Penegak Hukum - Official Rutan Banjarnegara

Rumah Tahanan Negara (disingkat Rutan) adalah tempat tersangka atau terdakwa ditahan selama proses penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di sidang pengadilan di Indonesia. Rumah Tahanan Negara merupakan unit pelaksana teknis di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (dahulu Departemen Kehakiman). Selain Rutan yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, beberapa Instansi memiliki Rumah Tahanan sendiri. Sebut saja Kepolisian RI, Komisi Pemberantasan Korupsi, dan Badan Narkotika Nasional. Rutan didirikan pada setiap ibu kota kabupaten atau kota, dan apabila perlu dapat dibentuk pula Cabang Rutan. Di dalam rutan, ditempatkan tahanan yang masih dalam proses penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi, dan Mahkamah Agung.

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Pilihan

Speed Up Pemeliharaan Gedung, Karutan Banjarnegara Tinjau Langsung Peningkatan Fasilitas Aula Gatotkaca

7 Juni 2024   20:19 Diperbarui: 7 Juni 2024   20:49 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: dokpri Rutan Banjarnegara

Speed Up Pemeliharaan Gedung, Karutan Banjarnegara Tinjau Langsung Peningkatan Fasilitas Aula Gatotkaca

Banjarnegara, INFO_PAS --Dalam rangka meningkatkan fasilitas sarana prasarana gedung, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Banjarnegara tengah melaksanakan proyek pemeliharaan Aula Gatotkaca. Proyek ini bertujuan untuk memperindah dan memberi kenyamanan dalam penggunaannya.

Karutan Banjarnegara, Bima Ganesha Widyadarma, menjelaskan bahwa pemeliharaan Aula Gatotkaca Rutan Banjarnegara ini merupakan salah satu prioritas dalam agenda pemeliharaan tahun ini. "Aula merupakan tempat yang sering digunakan untuk berbagai kegiatan, mulai dari pertemuan, pembinaan, hingga kegiatan keagamaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi kami untuk memastikan kenyamanan dan kebersihan ruangan ini," ujar Bima.

Pekerjaan pemeliharaan Aula ini dimulai pertengahan Mei dan diharapkan selesai dalam dua minggu. Selama proses pemeliharaan, beberapa kegiatan yang biasanya dilaksanakan di Aula dialihkan sementara ke ruangan lain untuk memastikan kelancaran proyek tanpa mengganggu aktivitas rutin Rutan.

Pemeliharaan Aula ini mencakup berbagai aspek, seperti pemasangan keramik baru, pengecatan dinding, dan pemeliharaan fasilitas lainnya. Proyek ini didanai melalui anggaran pemeliharaan dan diharapkan dapat meningkatkan estetika aula serta mempermudah perawatan sehari-hari.

Jajaran Rutan Banjarnegara dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) menyambut positif proyek ini. Budi Wahyu Prabowo, selaku Kasubsi Pengelolaan, mengungkapkan, "Dengan adanya pemeliharaan aula yang menyeluruh, diharapkan aula menjadi lebih nyaman, bersih, dan indah, sehingga bisa meningkatkan semangat dalam melaksanakan berbagai kegiatan," harap Budi.

Selain pemeliharaan Gedung Aula Gatotkaca, Rutan Kelas IIB Banjarnegara terus melakukan perbaikan fasilitas lainnya, seperti pengecatan dinding/tembok, penjngkatan fasilitas dapur, pergantian lampu, penataan aliran kabel/listrik, serta perawatan CCTV. Langkah-langkah ini bertujuan menciptakan lingkungan yang lebih baik, aman, dan layak huni. Dengan selesainya proyek pemeliharaan Aula, diharapkan dapat tercipta suasana yang lebih kondusif bagi WBP dalam menjalani pembinaan serta bagi jajaran dalam melaksanakan tugas.

Setelah pemeliharaan dan perbaikan, Aula Gatotkaca akan lebih optimal dalam fungsinya. Aula ini akan digunakan untuk berbagai kegiatan seperti program pembinaan, pertemuan rutin, kegiatan keagamaan, serta acara-acara resmi lainnya. Peningkatan fasilitas ini diharapkan dapat mendukung aktivitas-aktivitas tersebut dengan lebih baik, memberikan kenyamanan bagi peserta, dan menciptakan lingkungan yang lebih kondusif untuk berbagai kegiatan positif.

Proyek pemeliharaan gedung Aula ini merupakan langkah konkret dari Rutan Kelas IIB Banjarnegara untuk meningkatkan kualitas fasilitas yang ada, demi kenyamanan bersama dan peningkatan kualitas pelayanan.

(Tim Humas Rutan Banjarnegara)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun