Mohon tunggu...
Rusti Dian
Rusti Dian Mohon Tunggu... Mass and Digital Communication Student

Author of Geotimes | Freelance Writer Kumparan | Feminism and Journalism Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Review Channel Youtube "Kisah Tanah Jawa" Spesial Alas Purwo, Membahas Mitos atau Sejarah?

7 Maret 2021   13:13 Diperbarui: 7 Maret 2021   13:59 335 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Review Channel Youtube "Kisah Tanah Jawa" Spesial Alas Purwo, Membahas Mitos atau Sejarah?
(Buku dan Channel Youtube "Kisah Tanah Jawa")

Siapa sih yang nggak tahu dengan channel youtube "Kisah Tanah Jawa"? Channel yang memiliki 1,61 juta subscribers tersebut banyak membahas tentang misteri dan sejarah di Pulau Jawa. Dengan dipandu oleh Om Hao dan Genta, mereka selalu menyajikan cerita sejarah yang menarik dengan cara berkomunikasi dengan leluhur.

Salah satu episode yang ditunggu-tunggu oleh para Sobat Javanica (panggilan untuk penonton Kisah Tanah Jawa) adalah perjalanan tim KTJ ke Alas Purwo. Kira-kira gimana sih review tentang episode "Special Alas Purwo" yang disebut-sebut sebagai ibu kota alam gaib dan tanah yang dijanjikan oleh tim KTJ?

Review Episode "Special Alas Purwo"

(Kisah Tanah Jawa episode Special Alas Purwo)
(Kisah Tanah Jawa episode Special Alas Purwo)

Review kali ini menggunakan panduan evaluasi video yang diantaranya menilai video dari segi style and organization, creativity, content, quality, spelling, usage, grammar, and mechanics, serta overall impression.

1. Style and Organization

Konten yang disajikan oleh KTJ episode "Special Alas Purwo" tergolong dalam video dokumentasi perjalanan. Transisi antar adegan terkesan menjadi satu kesatuan, walaupun setiap videonya dikhususkan untuk membahas sesuatu.

Contohnya adalah pada video yang berjudul "Alas Purwo: Sabda Abadi Mpu Bharada". Di sana, Om Hao dan Genta mencoba untuk menceritakan sejarah Situs Kawitan. Selain itu, ada pula yang menceritakan khusus tentang Situs Makam Mbah Dowo, tempat persinggahan Eyang Ismaya, dan lain-lain.

(Sumber: Tangkapan Layar Pribadi)
(Sumber: Tangkapan Layar Pribadi)

Untuk behind the scenes perjalanan di beberapa situs di Alas Purwo, tim KTJ merangkumnya menjadi satu video yang berjudul "Tersesat dalam Penelusuran Malam Alas Purwo". Dengan demikian, Sobat Javanica tidak akan merasa terganggu saat menonton video sejarah yang diceritakan dalam episode "Special Alas Purwo".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN