Mohon tunggu...
Rustian Al Ansori
Rustian Al Ansori Mohon Tunggu... Administrasi - Menulis

Pernah bekerja di lembaga penyiaran, berdomisili di Sungailiat (Bangka Belitung)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mendengar Perpustakaan di Radio

3 Desember 2021   05:13 Diperbarui: 3 Desember 2021   05:17 113 10 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Siaran di RRI Sungailiat (dokpri)

Suara perpustakaan khususnya aktifitas literasi di kabupaten Bangka rutin terdengar melalui siaran Radio Republik Indonesia ( RRI) Sungailiat melalui programa 1 (Pro 1). 

Sebagai Lembaga Penyiaran Publik (LPP) telah memberi ruang untuk perpustakaan umum daerah  (perpusda) kabupaten Bangka  melalui kerja sama antara Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) kabupaten Bangka dan LPP RRI Sungailiat.

Satu tahun ini pengelola perpustakaan, pustakawan, pejuang literasi dan narasumber lainnya menyuarakan gerakan literasi setiap hari Senin pukul 15.00 hingga pukul 16.00 WIB dalam acara Ruang Pustaka.

Terjalinnya kerja sama antara DKP Kabupaten Bangka dan RRI Sungailiat bermula dari advokasi yang kami lakukan dengan kepala LPP RRI. Ibarat pepatah gayung  bersambut, kepala LPP RRI Sungailiat Agung Prasetya Umar memberikan slot 1 jam siaran untuk perpusda Bangka.

Komunikasi yang terjalin antara RRI dan DKP, ketika kunjungan kepala LPP RRI Sungailiat ke perpusda Bangka untuk menyerahkan  buku karya Direktur Utama RRI Rohanudin sebagai koleksi perpusda Bangka.

Setelah satu tahun lebih bersiaran di RRI, telah lebih 50 episode siaran yang kami lakukan untuk mempromosikan perpustakaan dan mengajak masyarakat untuk ke perpustakaan dan gemar membaca. Narasumber yang hadir dalam Ruang Piustaka selalu bergantian serta dengan topik yang berbeda. 

Keberadaan acara ini di RRI telah memberi kesempatan dan peluang bagi pengelola perpustakaan desa, perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruaan tinggi dan pejuang literasi mempromosikan serta mengajak masyarakat berliterasi tidak hanya di kabupaten Bangka namun juga provinsi kepulauan Bangka Belitung.

Sebagai program baru di RRI Sungailiat masyarakat dapat mengetahui suara perpustakaan di radio. Sebelumnya pustakawan, pengelolaan perpustakaan, dan pejuang literasi jarang ada kesempatan bisa tampil sebagai pembicara dalam siaran radio. 

Program yang kami beri nama Literasi Mengudara ini  telah memberikan kesempataan pengelola perpustakaan, pustakawan dan pejuang literasi khususnya mereka yang untuk pertama kalinya tampil menyuarakan gerakan literasi di daerah ini.

Ruang Pustaka RRI telah menjadi tempat berlatih dan mengasah diri dalam public speaking yang dibutuhkan bagi pengelola perpustakaan, baik dalam promosi maupun melakukan advokasi. Bersiaran di RRI pustakawan dan pengelolai perpustakaan di kabupaten Bangka tampil secara bergantian bahkan ada yang lebih dari dua kali kesempatan. 

Penampilan sebagai narasumber telah menjadi ajang promosi sehingga keberadaan perpustakaan yang di kelola dapat diketahui masyarakat. Besar pengaruhnya program ini dalam memperkenalkan perpustakaan di kabupaten Bangka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan