Mohon tunggu...
Rustian Al Ansori
Rustian Al Ansori Mohon Tunggu... Menulis

Pernah bekerja di lembaga penyiaran, berdomisili di Sungailiat (Bangka Belitung)

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Dua Kata Bahasa Daerah Bangka Ini Bermakna Terserah dengan Emosi Berbeda

21 Mei 2020   15:45 Diperbarui: 21 Mei 2020   16:00 101 32 8 Mohon Tunggu...

Menangkap makna "terserah" sebagai bentuk protes para tenaga medis terhadap pemerintah dan masyarakat yang menjadi #IndonesiaTerserah adalah kekesalan yang wajar. Manusiawi para tenaga medis kesal, sudah berusaha dengan sekuat tenaga nenolong pasien terkonfirmasi positif Covid-19 hingga mereka tertular dan ada yang meninggal dunia.

Melihat realita yang terjadi, masyarakat melanggar anjuran pemerintah yakni tidak mentaati protokol kesehatan. Status daerah yang PSBB saja pasar masih padat dengan orang berbelanja sehingga mengabaikan aturan menjaga jarak.

Begitu pula berdesakan di pusat perbelanjaan. Bahkan ada warga yang diberikan teguran aparat keamanan agar mengenakan masker, bersikap menentang menolak anjuran dan marah-marah.

Sejak munculnya tagar #IndonesiaTerserah hingga saat ini masih jadi yang terpopuler di media sosial. Ini menunjukkan kekecewaan dari tenaga medis ditujukan kepada Pemerintah yang kurang tegas menegakkan aturan dan masyarakat yang semakin tidak patuh.

Meskipun mengungkap rasa kecewa, para tenaga medis tetap melaksanakan tugas. Tidak mempengaruhi kinerja untuk terus melayani karena itu #IndonesiaTerserah.

Kata terserah dapat dimaknai sebagai rasa berbeda antara kecewa dan pasrah terintepretasi dari intonasi yang diucapkan. Dalam bahasa daerah Bangka ada dua kata yang dapat dimaknai terserah. Tidak perlu menyimak intonasi maupun ekspresi wajah lawan bicara. 

Dua kata bahasa daerah Bangka itu adalah basing dan sekenek

Basing

Kata dalam bahasa daerah Bangka ini dipakai untuk pernyataan dan menjawab pertanyaan maupun permintaan yang menyerahkan sepenuhnya kepada suatu keadaan dan jawaban.

Contoh :

Pernyataan terhadap suatu keadaan, "basing ikak" (terserah kalian).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN