Mohon tunggu...
Rustian Al Ansori
Rustian Al Ansori Mohon Tunggu... Menulis

Pernah bekerja di lembaga penyiaran, berdomisili di Sungailiat (Bangka Belitung)

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan

Tidak Tersesat, Tetap Tersedia Uang, Ini Aplikasi Ketika Mudik

3 Juni 2019   22:09 Diperbarui: 3 Juni 2019   22:10 134 27 2 Mohon Tunggu...

Aplikasi yang ada di smartphone semuanya berguna ketika mudik. Meskipun hanya sosial media seperti Instagram, facebook, twiter dan lain-lain. Melalui sosial media juga dapat memantau bagaimana kondisi jalan yang akan dilalui serta informasi-informasi yang dapat dipilih sehingga bisa bermanfaat sebagai petunjuk ketika mudik lebaran. Bisa pula sebagai cara untuk menghilangkan kejenuhan di perjalanan, terutama saat mudik menggunakan mobil.

Mealui sosial media juga sekalian bersilaturahmi menjelang Idul Fitri.  Teman-teman menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri, baik teman sesama Islam maupun mereka yang non muslim. Ketika lebaran merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan silaturahmi dan memperkuat persatuan dan kesatuan dalam keberagaman sebagai sesama anak bangsa. Begitula WhatsApp (WA) yang sangat bermanfaat sebagai alat berkomunikasi, juga menginformasikan keberadaan kita saat mudik kepada keluarga, teman per individu maupun dalam satu grup WhatsApp.

Diantara semua aplikasi yang utama dibutuhkan bagi saya untuk mudik yakni penujuk jalan Google Maps, yang akan menuntun saat diperjalanan, baik menuju tempat mudik maupun saat berada di kampung halaman untuk mengunjungi kerabat serta ke obyek-obyek wisata melalui GPS, suara dan peta. Dengan adanya Google Maps, mudah-mudah dapat melancarkan perjalanan dan tidak tersesat. Kendati kampung yang didatangi sebagai tujuan mudik yakni sebagai daerah kelahiran, namun kalau sudah lama tidak mudik juga banyak terjadi perubahan arah jalan ketika berlalulintas.

Google Maps juga dapat menjadi petunjuk dimana lokasi tempat pemberhentian untuk beristirahat ketika sedang diperjalanan, termasuk lokasi SPBU, ATM dan fasilitas umum lainnya. Semuanya untuk kelancaran diperjalanan.

Setelah tidak lagi tersesat karena sudah ada penunjuk jalan yakni Google Maps, yang berikutnya adalah m-banking. Yang satu ini sangat penting untuk melakukan penarikan uang baik tunai melalui ATM maupun melakukan pembayaran non tunai melalui aplikasi m-banking dari rekening yang kita miliki.  M-banking sangat mempermudah, tidak hanya mengambil uang buat memenuhi kebutuhan diperjalanan  ketika mudik maupun untuk memberi THR bagi sanak-saudara di kampung halaman. Jangan lupa rekening tabungan yang dimiliki tersedia uang yang cukup buat dipergunakan saat mudik, akan percuma bila tidak tersedia uang m-banking juga tidak bisa dimanfaatkan.

Google Maps dan m-banking merupakan dua aplikasi yang paling peting ketika menjalani perjalanan mudik lebaran menuju kampung halaman untuk berlebaran bersama keluarga. Menggunakan Gopgle Maps agar tidak tersesat dan m-banking agar tiak kehabisan uang.

Salam dari pulau Bangka.

Rustian Al Ansori

VIDEO PILIHAN