Mohon tunggu...
Rustian Al Ansori
Rustian Al Ansori Mohon Tunggu... Menulis

Pernah bekerja di lembaga penyiaran, berdomisili di Sungailiat (Bangka Belitung)

Selanjutnya

Tutup

Fesyen

Bertransaksi dengan m-BCA Membuat Jarang Keluar Rumah

10 Desember 2018   21:03 Diperbarui: 10 Desember 2018   21:07 880 20 11 Mohon Tunggu...

  • Menggunakan m-BCA Bahkan Jarang Keluar Rumah, Kalaupun Keluar Tak Takut Tak Bawa Dompet

Sudah satu tahun lebih saya menggunakan  m-BCA ( Mobile Banking). m-BCA adalah layanan produk perbankan PT. Bank Central Asia Tbk ( BCA ) yng dapat diakses secara langsung oleh nasabah melalui telepon seluler (handphone), baik dengan menggunakan menu yang sudah tersedia ( subscriber indentification module sim ) simcard, dengan menggunakan media SMS atau menggunakan menu pada BCA mobile dengan menggunakan media jaringan internet pada handphone dikombinasikan dengan media SMS sesuai yang berlaku di BCA.

Mulanya saya coba - coba untuk mengunakan aplikasi ini dengan tujuan untuk mendapat kemudahan dalam pelayanan ketika melakukan transaksi.  Saya datangi BCA KCP Sungailiat untuk meminta petunjuk tata cara menggunakan m-BCA. Setelah m-BCA saya download di Play Store, petugas BCA mendaftarkan rekening saya dengan nomor telepon serta pin untuk pengamanan m-BCA saya. BCA Mobile adalah aplikasi yang dapat di download dari website resmi BCA maupun media distribusi aplikasi/softwar resmi yang ditunjukkan BCA seperti Play Store yang dimiliki oleh mobile opreting system yang terdapat di handphone nasabah untuk melakukan transaksi melalui m-BCA dan klikBCA atau untuk memperoleh info BCA.

Dokpri
Dokpri
Mulailah saya bertransaksi menggunakan smartpone, khususnya belanja secara on line, baik itu membeli pulsa listrik, pulsa telepon seluler, Data internet, hingga keperluan lainnya di toko - toko belanja on line. Setelah putri sulungku melanjutkan kuliah ke luar daerah, sangat terasa manfaat mobile banking. Ketika ia butuh sesuatu baik itu untuk pembayaran tiket pesawat, minta dikirimin pulsa ( ayah minta pulsa, hahaha ) m-banking yang saya pergunakan sehingga dapat cepat dilakukan, sesuai dengan kebutuhan si sulung.

Kalau keluar rumah tidak membawa dompet bagi saya sudah tidak ada masalah, termasuk tidak membawa kartu ketika akan mengambil uang di ATM. Cukup menggunakan aplikasi yang ada di smartphone dengan menggunakan menu tarik tunai, sudah biasa mengambil uang di ATM.

Setelah satu tahun menggunakan m-banking besar manfaatnya yang saya rasakan. Adapun kemudahan menggunakan m-Banking dengan bertransaksi secara elektronik kemudahan, juga QR Kode yang saya dapatkan adalah :

  • Simple, yakni lebih sederhana dalam bertransaksi cukup membuka samartphone dengan tetap berada di rumah saja sudah bisa dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan.
  • Ekonomis, yakni dalam berbelanja baik membeli token listrik, pulsa telepon, membayar BPJS kesehatan dan lain - lain melalui toko belanja on line harganya lebih murah, khususnya bagi yang memberi cas back dalam jumlah tertentu untuk belanja dalam jumlah tertentu pula, ketimbang belanja di kios - kios yang ada di dekat rumah. Selain itu tidak perlu keluar rumah, sehingga lebih mengirit BBM kendaraan, kalaupun naik angkot ke kios tempat penjualan harus mengeluarkan ongkos angkot.
  • Aman, yakni dengan bertransaksi menggunakan smartphone melalui aplikasi m-banking lebih aman karena tidak pelu ke ATM untuk melakukan transaksi yang juga rawan keamaan terutama dilakukan malam hari. Dengan menggunakan m-banking, waktunya kapan saja baik itu malam hari maupun dini hari sekalipun dapat dilakukan dengan mudah di rumah dengan smartphone. Telah menjadi Sakuku.

Dokpri
Dokpri
Setelah terbiasa menggunakan smartphone dalam bertransaksi dengan menggunakan aplikasi m-Banking, akhirnya saya sangat tergantung dengan layanan ini sehingga Smartphone menjadi alat yang sangat penting, bahkan  jauh lebih simple, eknomis dan aman dibandingkan menyimpan uang di dompet.

Gara - gara menggunakan m-Banking dengan bertransaksi mengunakan aplikasi yang ada di smartphone saya jadi jarang keluar rumah. Istri pun tidak cemas ketika dini hari, token listrik habis. Cukup buka handphone sudah bisa membeli token listrik. Simpel kan. Jadi #Dibikinsimple. 

Salam dari pulau Bangka.

Rustian Al Ansori

VIDEO PILIHAN