Rustian Al Ansori
Rustian Al Ansori Pegawai

Pernah bekerja di lembaga penyiaran, berdomisili di Sungailiat (Bangka Belitung)

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

"Ruh" Perjuangan Pembentukan Provinsi Babel dari Sungailiat

8 November 2018   20:57 Diperbarui: 8 November 2018   20:57 210 3 0
"Ruh" Perjuangan Pembentukan Provinsi Babel dari Sungailiat
Sekda Bangka Akhmad Mukhsin menyampaikan arahan pada rapat Hut Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (dokpri)

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) 21 November 2018 akan menginjak usia ke 18 tahun. Peringatan tahun ini akan dipusatkan di kabupaten Bangka, khususnya di Sungailiat. 

Dua lokasi yang akan menjadi tempat peringatan di kaupaten Bangka meliputi di Belinyu akan diresmikan monumen terbentuknya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam bentuk relif kapal perang yang membawa warga Bangka Belitung dari pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu ke Jakarta untuk menghadiri sidang Paripurna DPR RI penetapan provinsi kepulauan Bangka Belitung. Peresmian akan dilakukan 17 November 2018. Peresmian monumen di Sungailiat yang dibangun dalam bentuk palu, menggambarkan palu ketika mengetuk disyahkannya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai Provinsi lepas dari Provinsi Sumatera Selatan. Pemimpin sidang Paripurna DPRRI pengesahan provinsi kepulauan Bangka Belitung waktu itu,  yang mengetuk palu adalah anggota DPR RI Sutarjo Suryoguritno.

Sedangkan acara peringatan HUT ke 18 Provinsi Kepulauan Bangka akan digelar pentas seni dalam panggung terbuka di Taman Kota Sungailiat pada tanggal 20 November 2018.  Kesempatan itu nantinya akan diserahkan piagam penghargaan kepada tokoh presedium Pembentukan Bangka Belitung yang sudah almarhum.

Pantia HUT ke 18 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga melibatkan pelaku usaha di kabupaten Bangka untuk mendukung kegiatan ini. Kamis (8/11) dilakukan rapat pemantapan pelaksanaan HUT Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di ruang pertemuan kantor Bupati Bangka yang menghadirkan para pelaku usaha.

Kesempatan itu Sekda Bangka Akhmad Mukhsin mengajak para pelaku usaha untuk membantu mendukung kegiatan HUT ke 18 Provinsi Kepulau Bangka Belitung. Dukungan juga diharapkan seluruh masyarakat, karena untuk pertama kalinya pelaksanaan peringatan HUT Provinsi Kepulauan Bangka berlangsung di kabupaten Bangka, khususnya kota Sungailiat. 

Dikatakannya, ruh perjuangan pembentukkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung gaungnya bermula dari Sungailiat, untuk itu pelaksanaan peringatan HUT Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat berjalan sukses.

Rapat pemantapan peringatan HUT Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dipimpin Ketua penitia HUT ke 18 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ferdy Manurung, juga dihadiri beberapa tokoh presidium pembentukkan provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai pengarah kegiatan diantaranya Romadi Hamid, Agung Setiawan dan lain - lain.

Menurut Ferdy Manurung panitia yang terlibat dalam perayaan ini dari berbagai kalangan dimulai dari tukang parkir hingga pejabat pemerintah. Konsep peringatan HUT Provinsi Kepulauan bangka Belitung kali ini berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya, yakni mengikut sertakan masyarakat. 

Salam dari pulau Bangka 

(Rustian Al Ansori)