Rustian Al Ansori
Rustian Al Ansori Pegawai

Pernah bekerja di lembaga penyiaran, berdomisili di Sungailiat (Bangka Belitung)

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Pantai Timur Sungailiat Siap Menjadi Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata

16 April 2018   17:02 Diperbarui: 16 April 2018   17:13 228 3 0
Pantai Timur Sungailiat Siap Menjadi Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata
Plt Bupati Bangka Rustamsyah usai mengalungkan kain cual, khain tenun khas Bangka kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya (dok. Humas Bangka)

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK ) Pariwisata Pantai Timur Sungailiat akan terealisasi pada tahun 2018. Namun ia belum dapat memastikan kapan waktu yakni bulan dan tanggal direalisasikan KEK Pariwisata Pantai Timur Sungailiat.

“ Tahun inilah, saya tidak berani menjanjikan tiga bulan, dua - duanya oke,” ungkap Arief Yahya dalam jumpa pers pekan lalu di Tanjung Pesona Sungailiat.

Dua KEK Pariwisata tersebut selain KEK Pariwisata Pantai Timur Sungailiat, juga Tanjung Gunung, Bangka Tengah.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Pariwisata Kabupaten Bangka Asep Setiawan menjelaskan, mempersiapkan KEK Pariwisata Pantai Timur Sungailiat, Pemkab Bangka melibatkan konsorsium, diantaranya memiliki kewajiban untuk melengkapi segala sesuatu yang berhubungan dengan terbentuknya KEK Pariwisata yang memfokuskan kepada investor lokal yakni dengan terbentuk PT. Pantai Timur Sungailiat.

“ Luas kawasan KEK Pariwisata Pantai Tmur, dimulai dari Pantai Rambak hingga pantai Rebo sekitar 600 hektar, jadi kita sudah siap” kata Asep.

Sebelumnya Menteri Pariwisata Arief Yahya  Jumat (13/4) didampingi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, diterima Plt Bupati Bangka Rustamsyah di rumah dinas Bupati Bangka di Sungailiat.

Kesempatan itu Plt Bupati Bangka Rustamsyah menyampai berbagai event sport tourism yang sudah teragenda di kabupaten Bangka. Diantaranya Bangka Culture Wave yang saat ni telah menjadi event nasional, serta Sungailiat Triathlon yang akan dilaksanakan untuk ke enam kalinya pada tanggal 21 April 2018 yang saat ini sudah terdaftar sebanyak 494 atlet dari 17 negara termasuk Indonesia. Sungailiat Triathlon merupakan event sport tourism kebanggaan kabupaten Bangka dan telah menjadi icon kabupaten Bangka.

Event lainnya, Sungailiat Eventure Trail yang akan dilaksanakan berbarengan dengan event MXGP serta Bangka Outdoor yang akan dilaksanakan Agustus 2018 dan Bangka Exspo tahun 2018 merupakan event pameran tahunan yang akan dilaksanakan, 26 - 29 April 2018.

Menurut Rustamsyah, Pemkab Bangka berupaya menjadikan kabupaten Bangka sebagai destinasi wisata, untuk itu diharapkan Kementerian Pariwisata dapat memberikan dukungan secara maksimal sehingga kemajuan pariwisata di kabupaten Bangka akan berdampak positif bagi kegiatan ekonomi masyarakat. (Rustian/reles)