Mohon tunggu...
Rustian Al Ansori
Rustian Al Ansori Mohon Tunggu... Administrasi - Menulis kehidupan, Menghidupkan tulisan

Pernah bekerja di lembaga penyiaran, berdomisili di Sungailiat (Bangka Belitung)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Asuransi Terlambat Cair, Nasabah Jadi Berburuk Sangka

14 Januari 2018   06:59 Diperbarui: 14 Januari 2018   08:52 935
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kantor Bumi Putra Sungailiat (foto Rustian)

November 2017 lalu polis asuransi pendidikan putri saya sudah berakhir, sudah memasuki masa untuk diklaim.

Melalui agen asuransi yang sudah selama 17 tahun datang ke rumah mengambil pembayaran setiap tiga bulan sekali, segala persyaratan telah dipenuhi. Tapi hingga 2 bulan tak kunjung cair. Jawaban dari agen yang mengurusi segala pencairan tidak jelas ketika ditanya.

Informasi awal yang diterima dari agen tak ada kepastian, dengan macam - macam informasi dan terus saja berubah - ubah sehingga menimbulkan kecurigaan. Informasi yang tak pasti itu menimbulkan buruk sangka.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Sebelumnya waktu saya memutuskan untuk menjadi nasabah asuransi juga sempat mendapatkan informasi negatif tentang asuransi dari beberapa teman yang menjadi korban penipuan, sehingga sekarang sempat adanya kecemasan dalam diri. Jangan - jangan saya akan menjadi korban penipuan. Tapi saya masih tetap yakin tidak akan terjadi penipuan karena saya sebagai nasabah asuransi yang sudah sangat dikenal dan dipercaya keberadaannya yakni Asuransi Bumiputera 1912.
Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Menunjukan pengalaman yang saya alami ini, ternyata para agen atau petugas dilapangan pihak asuransi tidak sepandai ketika “merayu” nasabah waktu awal ketimbang memberikan penjelasan ketika menghadapi permasalahan nasabah yang terkendala untuk mendapatkan klaim asuransi. Lagi - lagi masalah komunikasi serta informasi yang terbatas diberikan pihak perusahaan kepada Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang berada digaris depan menjadi kendala dalam pelayanan.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Ketimbang saya harus berdebat dengan petugas asuransi di lapangan karena tidak jelas dan tidak adanya kepastian informasi yang saya dapat, saya putuskan datang ke kantor asuransi di Jalan Jendral Sudirman Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Tidak lama saya menunggu saya sudah mendapatkan infomasi dari bagian pelayanan bahwa keterlambatan pembayaran klaim asuransi karena terjadi pergantian direksi bidang keuangan di kantor pusat. Petugas langsung membuka komputernya, dan menyampaikan data informasi klaim asuransi termasuk jumlah yang akan saya terima. Legah sudah, tapi saya harus bersabar menunggu pencairan.

“ Tunggu saja pak, nanti cek saja saldonya di rekening bapak, “ kata petugas dengan ramah.

Saya agak legah sudah mendapatkan kepastian. Tapi terbersit dalam pikiran saya seharusnya permasalahan diperusahaan tidak mengganggu pelayanan. Sebagai perusahaan yang mengedepankan  pelayanan publik memberikan kepastian kepada nasabah.

Awal tahun 2018 ini, akkhirnya saya dapat menerima klaim asuransi yang sudah ditunggu selama 2 bulan.

Sekedar catatan kecil untuk kebaikan bersama, serta semakin menanamkan kepercayaan antara nasabah dan perusahaan asuransi.

Salam dari pulau Bangka.

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun