Mohon tunggu...
Rusta Zali
Rusta Zali Mohon Tunggu... -

free-lance photographer ,especially wedding, fashion, travel, company, commercial, human interest and many more photo assigment. Follow me: @Rustazali http://rustazaliphotography.blogspot.com http://braveheartstudio.weebly.com

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Apa yang Membuat Saya Rugi? itu Tergantung apa kata Saya

28 Oktober 2013   19:28 Diperbarui: 24 Juni 2015   05:55 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Disebuah kedai kopi tulisan ini menetas, didepan dan samping saya duduk beberapa wanita dan pria sedang menghabiskan waktu sorenya bersama sembari membincangkan apa yang sedang trend dan menjadi kebutuhan hidup mereka. bisa saya simpulkan segera tanpa melihat identitas status sosial mereka, bahwa mereka berada pada lingkungan menengah atas alias berpenghasilan diatas rata-rata penduduk jakarta.

Seteguk dua teguk kopi susu saya sruput, sembari selintas terpaksa mendengarkan yang sedang mereka bicarakan, salah satu rekannya menanyakan sebuah tas belanjaan yang baru saja terlihat oleh rekan yang lainnya, Woww... tas baru yah, begitu seloroh ocehan rekan yang sedari tadi memperhatikan tas belanjaan itu, dari sekilas yang saya lihat tas itu bermerek dagang LV, emm saya sangat tahu berapa kisaran harga tas branded itu, karena saya pernah melakukan survey pribadi karena penasaran ingin tahu.

Berapa itu harganya? "teman satunya menanyakan harga kepada teman yang baru saja membeli tas" Murah katanya, lima ribu, (lima puluh juta) *Maaf bersambung, ada urusan mendadak. baik saya lanjut cerita saya ini, setelah yang baru saja membeli tas baru itu memberi tahu harga tasnya, tiba-tiba seorang teman yang lainnya memberikan celotehannya: "kalau gue sih, rugi beli tas mahal-mahal, buat apaan, mending beli tas yang murah cuma buat dipake doank" gumam saya tidak ada istilah rugi, karena kata rugi itu tergantung apa kata kita sendiri, misalkan: orang tadi yang membeli tas seharga lima puluh juta rupiah, jika dia merasa tidak rugi, yah tidak rugi, karena tidak ada keluhan dari yang bersangkutan, beda jika yang bersangkutan membeli sesuatu dan merasa rugi dengan apa yang sudah dibeli. karena kebutuhan dan takaran kepuasan seseorang tidak bisa kita samakan dengan yang lainnya. jadi bisa kita simpulkan bahwa rugi itu tergantung kata kita sendiri dalam konteks kebutuhan pribadi.

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun