Mohon tunggu...
Nggolimah
Nggolimah Mohon Tunggu... Guru - Guru

Bidang Sosial

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kesaktian Pancasila Sebagai Penanaman Nasionalisme Pada Peserta Didik

1 Oktober 2022   15:23 Diperbarui: 1 Oktober 2022   15:26 79 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hari kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 01 Oktober pada setiap tahunnya. Bagi bangsa Indonesia Kesaktian Pancasilah sangatlah penting karena membuktikan bahwa Pacasila memang sakti ,tidak tergantikan oleh ideologi apapun.Pancasila mampu mengalahkan bahkan menghancurkan kekuatan ideologi komunis.Paham komunis adalah paham yang diciptakan oleh Karl Marx telah banyak memberi pengaruh terhadap dunia,termasuk Indonesia.

Di Indonesia komunis telah banyak menghanjurkan pejuang bangsa seperti para jenderal,para ulama maupun santri sehingga jangan sampai para generasi bangsa mewarisi paham tersebut. Hal ini dikarenakan pemahaman tentang komunis itu sendiri sebagai bentuk pemahaman kebencian terhadap agama.

Menurut pandangan komunisme, agama sebagai sesuatu yang menghalangi setiap kegiatan mereka terutama berkaitan dengan penguasaan suatu negara.Tentunya pemahaman ini sangat bertentangan dengan sila pertama Pancasila yaitu "Ketuhanan Yang Maha Esa" yang mengharuskan segala tindakan kita sesuai dengan agama.

Oleh sebab itu,komunisme tidak cocok hidup di Indonesia karena sangat bertentangan dengan dasar negara yang tertanam kuat sejak bangsa Indonesia merdeka yaitu Pancasila.Namun jika kita kaitkan dengan permasalahan pendidikan saat ini tanpa tersadari ajaran komunisme telah banyak merasuk ke dalam jiwa peserta didik pada masa kini.Banyak diantara mereka yang bertindak jauh dari nilai atau norma yang ada.Hal ini membuat miris kita semua terutama  para pelaku pendidikan.

 Akhir- akhir ini banyak kita jumpai dengan berita -- berita siswa yang tega menganiaya guru,Perkelahian antar teman bahkan tawuran antar sekolah. Kasus tersebut biasanya tersulut karena  persoalan -persoalan sepele . Tidak terima ketika ditegur guru karena  merokok  menyebabkan siswa menganiaya gurunya,saling ejek menyebabkan perkelahian, mengeraskan suara motor menyebabkan tawuran dan lain sebagainya .Tindakan -- tindakan seperti itu seolah-olah suatu tindakan yang biasa saja dan hanya melampiaskan emosi sesaat.Tindakan tersebut tentu tidak mencerminkan perilaku agama. Pancasila dianggap memiliki kesaktian karena memuat dan mengandung beberapa pengertian, antara lain sebagai berikut;

Kedudukan Pancasila 

Secara filosofis pancasila tidak hanya berkedudukan dalam negara Indonesia, melainkan sebagai upaya bangsa untuk menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila itu sendiri. Dimana nilai ketuhanan termasuk kepercayaan yang tidak boleh jadikan alasan dasar untuk membenarkan agamanya sendiri dan mengabaikan agama lain. Nilai kemanusian, persatuan Indonesia, kerakyatan dan keadilan sosial juga mengandung dan memberikan gambaran bagaimana bangsa ini menjunjung tinggi hak asasi dan demokrasi secara menyeluruh dalam semua lapisan masyarakat.

Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa 

Pandangan hidup bagi suatu bangsa diperlukan jika bangsa tersebut ingin kokoh dan mengetahui jelas ke arah mana tujuan yang ingin dicapainya. 

Dengan pandangan hidupnya suatu bangsa akan memandang permasalahan yang dihadapinya dan menentukan arah serta bagaimana memecahkan permasalahan-permasalahan yang dihadapinya. Bangsa yang tidak memiliki pandangan hidup ibarat sebatang pohon yang senantiasa condong kemana angin bertiup, artinya bangsa tersebut akan terombang ambing dalam permasalahan besar, baik permasalahan dalam masyarakat sendiri terlebih permasalahan dalam pergaulan dengan bangsa-bangsa lain sedunia. 

Dengan pandangan hidup yang jelas bangsa akan memiliki pegangan dan pedoman untuk menemu kenali dan memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam segala aspek kehidupan politik, ekonomi, sosial, dan budaya, pertahanan dan keamanah, dan hukum. Dengan pandangan hidup sebagai pedomannya suatu bangsa membangun dirinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan