Mohon tunggu...
Rusdi Mustapa
Rusdi Mustapa Mohon Tunggu... Guru sejarah yang suka literasi, fotografi, dan eksplorasi

Guru sejarah yang menyukai literasi, fotografi dan eksplorasi

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Asyiknya Menulis Cerita Anak Bersama KYM

27 April 2020   11:37 Diperbarui: 17 Mei 2020   20:47 301 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Asyiknya Menulis Cerita Anak Bersama KYM
Rusdi Mustapa, peserta Wokshop Menulis Cerita Anak bersama KYM ( foto : penulis )

Cerita anak adalah karangan yang menuturkan perbuatan, pengalaman, kejadian, dan sebagainya yang ditujukan untuk anak, ceritanya sederhana namun kompleks dan komunikatif serta mengandung nilai moral bagi anak. Inilah definisi singkat tentang cerita anak. 

Sepertinya sederhana ya tapi saat mulai masuk ke proses menulisnya, tidak sesederhana pengertiannya. Inilah yang saya rasakan saat bergabung dalam Workshop Menulis Cerita Anak, yang dihelat oleh Komunitas Yuk Menulis (KYM) Klaten selama sebulan sejak sabtu (18/2/2020). 

KYM adalah komunitas yang sudah memiliki ribuan anggota yang rata-rata sudah berhasil membuat buku solo. Didirikan oleh Vitriya Mardiyati, penulis, jurnalis, instruktur kepenulisan,  dan guru di SMP Diponegoro Sleman, yang telah menelorkan ratusan buku populer. 

Workshop menulis cerita anak  dihelat secara daring, selain menggunakan media WhatsApp, juga menggunakan facebook sebagai media untuk berlatih menulis cerita anak, mulai dari membuat ide cerita, membuat judul hingga membuat cerita anak yang siap untuk dibukukan. 

Mengapa tertarik ikut workshop menulis cerita anak ? Karena saya suka menulis, terutama artikel-artikel bidang pendidikan, teknologi informasi dan motivasi. 

Namun belum pernah mencoba menulis cerita anak, yang menurut saya, tidak sesederhana jika menulis artikel. Cerita anak ada nilai-nilai yang harus dimasukkan, tentu juga pada cerita-cerita yang lain, bisa diambil pelajaran. Tentang nilai persahabatan, solidaritas, kebersamaan, kasih sayang dan lainnya.

Trik Menulis Cerita Anak

Menurut Vitriya Mardiyati ada beberapa trik yang harus diperhatikan saat menulis cerita anak. Karena cerita anak yang baik harus menarik, unik dan mengandung hikmah. Inilah yang coba disampaikan dalam workshop yang diikuti oleh hampir 106 orang dari berbagai wilayah di Indonesia ini. 

Trik untuk menulis cerita anak, menurut Vitriya, berawal dari ide cerita yang berasal dari kehidupan keseharian anak. Hal-hal sederhana di sekitar anak adalah sumber cerita yang sangat luar biasa. 

Bagaimana ketika anak berada di sekolah, curhatan anak, disakiti orang atau tentang benda-benda yang disukai anak. Setelah itu ide-ide dipilah, yang baik diambil hikmahnya yang tidak baik diasah kembali agar menjadi cerita. 

Cerita anak yang menarik dan unik ditentukan oleh kepekaan penulis terhadap lingkungan sekitar anak. Selain itu dalam menulis cerita anak ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan, diantaranya ujaran-ujaran kebencian, SARA, kekerasan, dan juga cerita-cerita fantasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x