Mohon tunggu...
rusda elpiani
rusda elpiani Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswi

selamat membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pembangunan Jalan tol Cibinong-Parung

30 November 2020   12:24 Diperbarui: 30 November 2020   12:48 1616 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pembangunan Jalan tol Cibinong-Parung
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pembangunan jalan tol sedang digeber dan gencar dilakukan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada periode pertama dan keduanya sekarang. Jalan tol atau jalan bebas hambatan ini diharap dapat mengintegrasi berbagai wilayah Indonesia termaksud yang sulit untuk dijangkau untuk mempermudah akses. Pemerintah juga berniat akan meningkatkan roda perekonomian daerah  melalui pembangunan dan pengoperasian jalan tol.

Sejak tahun 2018 sudah ada wacana untuk pembuatan jalan tol Cibinong untuk tembus ke Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jika sudah jadi, nantinya jalan tol ini akan menembuskan jalan raya pemda Cibinong dengan jalan raya Parung dengan waktu singkat dan diharapkan juga bisa membantu mengurangi kemacetan di Bojonggede. Jalan tol yang dinamai Bojonggede -- Kemang atau Bomang ini akan menyambung dengan tol Bogor -- Serpong via Parung yang akan mulai digarap tahun 2021, dan akan menyambung juga dengan jalan Tol BORR Seksi 3A Yasmin -- Semplak atau jalan tol Kayumanis yang diperkirakan sudah dapat beroperasi secara fungsional pada libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor telah menyelesaikan pembebasan lahan untuk akses Cibinong tembus ke Parung pada bulan April 2019. Semua lahan yang terkenan pembebasan lahan, tepatnya berlokasi di Kecamatan Bojonggede dan Kecamatan Tajurhalang Kabupaten Bogor. 

Jika diperinci lahan yang akan dijadikan jalan itu adalah lahan milik warga lokal dan berdekatan dengan pemukiman warga. Lahan tersebut berada di Desa Tajurhalang, Desa Susukan, Desa Bojong Baru dan Desa Bojonggede. Perkiraan pembangunan dilakukan pada tahun 2020 dan rumpang tahun 2023, yang akan dilakukan langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sedangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor hanya sebatas menyediakan lahan.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan