Mohon tunggu...
Roesda Leikawa
Roesda Leikawa Mohon Tunggu... Citizen Journalism, Editor, Penikmat Musik Instrumen dan Pecinta Pantai

"Menulis adalah terapi hati dan pikiran, Kopi adalah vitamin untuk berimajinasi dan Pantai adalah lumbung inspirasi" -Roesda Leikawa-

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Ingin Hasil Pertanian Baik, Untung Sangaji Berbagi Cara Tangkap Lalat Perusak Buah

12 Maret 2020   10:01 Diperbarui: 12 Maret 2020   10:52 176 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ingin Hasil Pertanian Baik, Untung Sangaji Berbagi Cara Tangkap Lalat Perusak Buah
Pohon Klengkeng Pimpon di Kebun Untung Sangaji. Dokpri

Bicara tentang sosok AKBP. Ir. Untung Sangaji, M.Hum., pikiran kita akan tertujuh pada kasus penembakan teroris di Sarinah 2016 lalu. Tidak hanya itu mantan Kapolres Aceh Utara ini juga pernah digegerkan dengan adanya kasus LGBT yang menuai kritik serta dukungan. Tapi bukan itu yang ingin penulis bahas kembali.

Beberapa waktu lalu, di laman facebooknya,  Untung Sangaji memposting cara buat perangkap lalat yang merusak buah. Postingan itu lantas mendapat banyak respon, dia pun menjelaskan caranya pada sebuah komentar,  "Ambilah sepotong kapas sebesar kurang lebih 2 Cm lalu diikatkan dengan tali nilon yang diikat posisi tergantung di tengah penutup botol, kemudian kapas tersebut diteteskan cairan Petrogenol tersebut, dan botol sudah dibolongi bagian atas 3 lubang sebesar pensil untuk lalat perusak itu masuk tanpa melupakan air setinggi kira-kira 3 cm", jelas Untung menanggapi pertanyaan salah satu di kolom komentar milik akun Ade Ajzhar Rapi.

Perangkap Lalat Buah dilakukan dengan menggunakan Petrogenol 800 L
Perangkap Lalat Buah dilakukan dengan menggunakan Petrogenol 800 L

Apakah itu bermanfaat? Ya, menurut saya dia sedang membantu petani untuk menjaga kemungkinan agar hasil pertanian tidak rusak karena diserang oleh lalat buah. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk edukasi dan perhatiannya dalam mengembangkan pertanian di Indonesia.

Dia pun memberikan tutorial cara menangkap Lalat Buah secara sederhana, hanya dengan menggunakan  Petrogenol 800 L, di mana cairan itu  bisa diperoleh pada toko-toko pertanian, dengan harga yang cukup murah berkisar antara Rp. 7000---Rp. 10.000, harga ini tentunya masih bisa dijangkau oleh petani.

Hasil tangkap Lalat buah oleh Untung Sangaji. Dokpri
Hasil tangkap Lalat buah oleh Untung Sangaji. Dokpri
Kita ketahui bersama bahwa lalat buah atau Bactrocera sp., merupakan salah satu hama yang dapat menyebabkan gagal panen dan bisa merugikan para petani.  Apalagi lalat buah ini memiiliki beberapa jenis.

Cara Untung Sangaji merawat Buah Klengkeng Pimpong
Cara Untung Sangaji merawat Buah Klengkeng Pimpong
Kata Untung, saat di konfirmasi bahwa Lalat pengganggu bakal buah sangat perlu di tangkap, dengan menggunakan perangkap,  agar buah  menjadi banyak dan hasil panen bisa maksimal. 

Berikut ini, penulis tampilkan video cara buat perangkap lalat yang dilakukan oleh Untung Sangaji.


Hasil panen buah yang dirawat dengan baik bisa dikmati oleh keluarga|dokpri
Hasil panen buah yang dirawat dengan baik bisa dikmati oleh keluarga|dokpri
Meskipun dengan kesibukkanya saat ini di Mabes Polri sebagai KASUBBAGBANGSISOPS BAGJIANSIS ROJIANSTRA SOPS POLRI, namun Untung Sangaji selalu berbagi hal-hal kreatif di media sosialnya, seperti cara buat kancing baju dari batok kelapa, cara pengolahan tanah untuk tanaman dan lain-lain. Semoga bermanfaat. (RL)

VIDEO PILIHAN