Mohon tunggu...
Roesda Leikawa
Roesda Leikawa Mohon Tunggu... Citizen Journalism, Editor, Penikmat Musik Instrumen dan Pecinta Pantai

"Menulis adalah terapi hati dan pikiran, Kopi adalah vitamin untuk berimajinasi dan Pantai adalah lumbung inspirasi" -Roesda Leikawa-

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

SLB Negeri Batu Merah Sambut Hari Disabilitas Internasional

2 Desember 2018   21:24 Diperbarui: 2 Desember 2018   22:18 433 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
SLB Negeri Batu Merah Sambut Hari Disabilitas Internasional
Bangunan SLB Negeri Batu Merah - Ambon. dokpri

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016, Penyandang Disabilitas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak.

Hampir setiap tahun Hari Disabilitas Internasional (HDI) digelar, bahkan disambut meriah oleh kaum Disabilitas seluruh dunia. Moment yang jatuh pada tanggal 3 Desember ini juga sebagai pengingat bagi kita bahwa kaum Disabilitas dapat memperoleh kesempatan dan persamaan hak yang setara. Sehingga dapat mewujudkan kesamaan hak dan kesempatan bagi peyandang disabilitas menuju kehidupan yang sejahtera, mandiri dan tanpa diskriminasi, seperti yang sudah tertuang pada UU Nomor 8 tahun 2018.

Proses Belajar dan Praktek di Kelas. dokpri
Proses Belajar dan Praktek di Kelas. dokpri
Di Kota Ambon, khususnya Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Batu Merah pada tahun 2018 ini juga ikut menyambut Hari Disabilitas Internasional. Sekolah ini menampung 103 siswa berkebutuhan khusus yang juga penyandang Disabilitas,  terdiri dari Siswa Tunanetra yang mempunyai hambatan dalam Penglihatan, Siswa Tunarungu yang mengalami hambatan dalam Berbicara dan Pendengaran, Siswa Tunagrahita memiliki hambatan Intelektual, siswa Tunadaksa yang mengalami hambatan fisik dan mobilitas serta Siswa Autis yang mempunyai hambatan dalam Intetaksi Sosial.

 

Wakil Kepala Sekolah Luar Biasa, Padil S. Mako, S.Pd.. dokpri
Wakil Kepala Sekolah Luar Biasa, Padil S. Mako, S.Pd.. dokpri
Menurut Wakil Kepala Sekolah SLB Negeri Batu Merah Ambon, Padil Sarip Mako, S.Pd, bahwa para siswa di Sekolah mempunyai hambatan dan mendapat pelayanan pendidikan yang disesuikan dengan kebutuhannya.

 "Semua siswa di Sekolah ini yang mempunyai hambatan dapat dilayani oleh pendidikan sesuai jenis Hambatan dan kebutuhannya. Seperti contoh pada siswa Tunanetra, pelayanan pendidikan disesuaikan jenis kebutuhannya. Dengan hambatan penglihatan maka dibuatkan buku yang jenis tulisannya dapat diraba atau disebut Tulisan Braile. Untuk kemandirian dalam berjalan maka jenis pelayanan pendidikannya dengan kegiatan Orientasi mobilitas dimana siswa Tunanetra di tuntun untuk mengenal medan jalan dengan aksesibilitas yang telah disediakan". Tutur Padil. 

Dalam lanjutannya, dia juga menjelaskan bahwa untuk pelaksaaan pendidikan yang sesuai dengan jenis kebutuhan itu juga membutuhkan berbagai sarana dalam menunjang pembelajaran. Seperti kelayakan dalam Aksesibiltas untuk tunadaksa dan tunatera belum dilengkapi dengan baik di Sekolah dan masih perlu bantuan dari pihak pemerintah. Begitu juga peralatan dalam kegaiatan Terapi untuk siswa berkebutuhan khusus sangat dibutuhkan untuk menunjang proses pembelajaran.

Sehingga pihaknya sangat berharap agar adanya bantuan dari pemerintah dan stakeholder untuk melihat kondisi tersebut, "kami berharap uluran tangan pemerintah dan stakeholder lainnya untuk membantu dalam memberikan bantuan peralatan terapi pendidikan khusus agar pelaksanaan Pelayanan pendidikan dapat di maksimalkan dengan baik"Harapnya.

Stand SLB Negeri Batu Merah. dokpri
Stand SLB Negeri Batu Merah. dokpri
Disamping pelayanan pendidikan Khusus, Prestasi siswa SLB Negeri Batu Merah dalam 3 tahun terakhir dapat dibanggakan dengan berbagai juara ditingkat provinsi maupun nasional seperti   Juara 1 Lomba Nyanyi Solo SMPLB tingkat Nasional di Jakarta pada tahun 2017 di Jakarta.

Siswa SLB Belajar Menulis Puisi. dokpri
Siswa SLB Belajar Menulis Puisi. dokpri
Semoga dengan misi sekolah dalam upaya memberikan kesempatatan kepada semua anak berkebutuhan khusus untuk memperoleh pendidikan luar biasa sesuai dengan potensi dan  kemampuan dasar yang dimiliki, dapat membentuk kepribadian yang percaya diri, hidup mandiri dan mampu beradaptasi dengan lingkungan. (RL)

Pembuatan Mading Literasi Oleh Siswa SLB Negeri Batu Merah. dokpri
Pembuatan Mading Literasi Oleh Siswa SLB Negeri Batu Merah. dokpri

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x