Roesda Leikawa
Roesda Leikawa Staff Konsultan di PSD GSC Maluku

Menghargai Persahabatan dengan siapa saja tanpa melihat latar belakangnya, Aktivis sosial, menulis, dan berpuisi adalah kesenangan yang sangat berharga.

Selanjutnya

Tutup

Regional Artikel Utama

Kompasianer Amboina Gelar Blogshop bareng Generasi Sehat dan Cerdas

12 September 2017   17:30 Diperbarui: 13 September 2017   00:31 1632 4 0
Kompasianer Amboina Gelar Blogshop bareng Generasi Sehat dan Cerdas
Dokumentasi Pribadi

Menyadari bahwa dalam rangka membangun Maluku  tidak sebatas informasi dan komunikasi pada satu kelompok saja, tetapi perlu adanya suatu langkah kolaborasi dengan berbagai pihak sebagai wujud nyata agar mampu membawa masyarakat terutama generasi muda kearah yang lebih memiliki daya saing,  kompetitif dan berkualitas.

Terwujudnya hal yang di maksud itu merupakan suatu strategi yang dibuat untuk menghimpun semua element yang peduli terhadap kemajuan Daerah Maluku. Olehnya itu pada tanggal 9 September 2017 lalu, kami dari komunitas Kompasianer Amboina melakukan Blogshop bareng Konsultan Manajemen Provinsi (KMP) Program Generasi Sehat dan Cerdas (GSC) Provinsi Maluku, kegiatan tersebut mengambil tema "Ekspresi Generasai Sehat Dan Cerdas Melalui Media Sosial". Melalui tema ini, kami berharap agar peserta yang terlibat dapat menuangkan ide dan harapan terkait pentingnya Generasi Maluku dapat hidup secara Sehat dan Cerdas yang dipaparkan dalam bentuk tulisan, sehingga menjadi konsumsi publik, serta ikut dalam mengulas masalah-masalah yang menjadi isu Nasional khususnya dibidang Kesehatan dan Pendidikan.

Penyampain Materi Oleh Dwiho Darmono
Penyampain Materi Oleh Dwiho Darmono

Pelaksanaan blogshop yang dilaksanakan di Kantor Konsultan GSC Maluku secara sederhana itu dapat dijadikan  sebagai ajang temu muka anggota dengan pengurus/admin komunitas, Pelaku GSC dan diharapakan bisa mendapatkan update informasi terbaru yang kemudian dapat di publikasikan.

Pada kegiatan tersebut kami menyiapkan tiga materi yakni, materi pertama disampaikan langsung oleh Koordinator Konsultan GSC, Dwijo Darmono terkait Pentingnya Perang Aktif Generasi Muda Dalam Membangun Kesehatan dan Pendidikan Yang Berkualitas di Provinsi Maluku, materi yang kedua disampaikan oleh Koordinator Komunitas Kompasianer Amboina Yusnita Tiakoly,  tentang Jurnalisme warga, dan materi yang ketiga disampaikan oleh saya sendiri terkait  Tips Menulis dan Log In di Kompasiana.

Penyampain Materi Oleh Yusnita Tiakoly
Penyampain Materi Oleh Yusnita Tiakoly

Seluruh peserta yang hadir pada saat itu berjumlah 15 orang terdiri dari para pemula, pelaku GSC dan beberapa blogger yang sudah sering menulis.

Apa Itu GSC?

Untuk diketahui bahwa GSC merupakan salah satu progam pemerintah dalam rangka penanggulangan kemiskinan guna mendukung pencapaian target Sustainable Development Goals (SDG's) dibidang pendidikan dan kesehatan. Di Provinsi Maluku, GSC sudah ada sejak tahun 2012 yang tersebar di tiga Kabupaten yakni Kabupaten Maluku Tengah, Maluku Tenggara dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

GSC juga merupakan program khusus yang kegiatannya fokus pada penanggulangan masalah akses masyarakat terhadap layanan bidang kesehatan dan pendidikan, menggerakan dan menyadarakan masyarakat akan pentingnya kesehatan Ibu dan Anak, Pendidikan Dasar dan Menengah Pertama serta pendidikan Anak Usia Dini.

Sehingga penyampaian informasi terkait dengan pentingnya Pendidikan dan Kesehatan bagi masyarakat, menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk keterlibatan para penulis muda dalam mempublikasikan hal-hal positif di media sosial.

Baju Biru : TL KMNasional GSC Suharno, Baju Bergaris : SPTR Maluku Arthur Rogi
Baju Biru : TL KMNasional GSC Suharno, Baju Bergaris : SPTR Maluku Arthur Rogi

Team Leader Konsultan Manajemen GSC Nasional, Suharno sangat memberi apresiasi dengan pelaksanaan kegiatan tersebut. Menurutnya para blogger bisa mengulas isu-isu Nasional salah satunya adalah penanganan masalah Stunting.

"kegiatannya bagus, teman-teman blogger bisa melihat isu-isu Nasional penanganan Stunting, isu ini menarik untuk bisa diangkat karena bukan saja menjadi kepedulian dinas kesehatan atau GSC saja, tetapi seluruh masyarakat harus tahu, sehingga teman-teman blogger bisa menulis tema fokus seperti kesehatan atau pendidikan".

Dalam lanjutannya, Suharno mengatakan bahwa "program GSC bukan satu-satuya program yang bisa menyelesaikan semua masalah kesehatan atau pendidikan, tetapi bagaimana mengajak masyarakat melalui tulisan-tulisan yang dibuat melalui penyebaran informasi, publikasi juga menjadi suatu hal yang penting bagi GSC, karena dalam konteks saat ini, dunia Digital sudah masif terhubung satu dengan yang lain, sehingga terkait dengan bagaimana GSC bekerja, melaksanakan program pemberdayaan masyarakat terkait dengan masalah kesehatan dan pendidikan itu bisa cepat, mudah dibaca oleh seluruh masyarakat, sehingga gaung GSC semakin bermanfaat dan efektif bagi orang-orang yang ingin mengetahui", pungkasnya.

Penyampain Materi Tips Menulis dan Log In di Kompasiana
Penyampain Materi Tips Menulis dan Log In di Kompasiana

Semoga dengan kegiatan tersebut peserta yang hadir tidak hanya mengetahui tips menulis saja, tetapi juga diberi motivasi serta informasi terkait masalah Kesehatan dan Pendidikan di Indonesia khususnya di Provinsi Maluku. RL

Salam

Roesda Leikawa-Admin Kompasianer Amboina