Rurin Claradiesty
Rurin Claradiesty karyawan swasta

Menulis bukan karena deadline

Selanjutnya

Tutup

Muda Pilihan

5 Tips Ampuh Atasi Patah Hati

12 Maret 2018   09:30 Diperbarui: 12 Maret 2018   10:02 468 0 0
5 Tips Ampuh Atasi Patah Hati
sumber gambar: lifestyle.kompas.com

Gue kenal patah hati pertama kali pas jaman SMA, biasa masa muda cinta monyet. Sekarang yang gue liat anak piyik(red: SD) udah bisa patah hati. Gue pas SD bisa nya cuma jejeritan liat Filippo Inzaghi pas main di Atlanta, boro-boro kenal patah hati, nonton bioskop aja masih dianter mamah papah.

Bahkan gak sedikit anak-anak piyik itu nge share efek patah hati nya di sosmed, dan berakhir jadi bahan olokan netizen. Di kantor gue, yang isinya umur 22++ yang paling susah move on malah para cowok, dan gak jarang mereka kalau galau lebih parah dari cewek. Nah, gue bakalan share tips ampuh buat ngatasin patah hati, cekidot gengs.

1. Merelakan

Kalo lu belum siap patah hati ya lo jangan jatuh cinta. Bersikap dewasa diperlukan untuk menghadapi situasi saat seperti ini. Mungkin ini bagian tersulit buat orang yang baru patah hati, menerima dengan ikhlas. Kadang ini berkaitan dengan penyebab kenapa orang bisa patah hati. Adanya pengkhianatan, atau orang yang kita suka ternyata memilih bersama dengan orang lain tanpa sempat kalian bilang cinta.

Lebih baik jujur mengakui kalo lo terpuruk, sedih, kecewa, pengen teriak daripada lo diem aja. Inget, life must go on. Lo gak sendirian, jangan karena dikecewain sama seseorang lo ngelakuin tindakan konyol kayak bunuh diri. Big no no! Orang yang bunuh diri karena patah hati, berarti dia belum cukup dewasa ngehadapin persoalan hidupnya.

Orang nangis wajar kok, jangan takut buat nangis, buat cowok juga. Nangis bisa ngurangin beban hati, kalo malu nangis, kalian bisa kok nangis sembunyi-sembunyi di kamar. Let your heart be free!

Menghabiskan waktu dengan teman biar cepat melupakan mantan (Dok. pribadi)
Menghabiskan waktu dengan teman biar cepat melupakan mantan (Dok. pribadi)
2. Move On

Jangan kelamaan meratapi nasib. Hidup kalian masih panjang. Apalagi yang patah hati karena pacar selingkuh, yaks! Ngapain lama-lama sedih kalo mantan pacar lo diujung sana lagi ketawa ketiwi sama pacar baru nya. Lo harus mencintai diri lo, masih banyak kok peduli sama lo diluar sana. Jangan sampai patah hati numbuhin trauma.

Jangan pernah ngorbanin masa depan, kalian berhak bahagia kok. Buang barang-barang yang ngingetin lo ke mantan, hindarin sementara pergi ke tempat-tempat bersejarah kalian. Boleh kok mutusin kontak sementara dengan mantan, kalo sudah siap kalian bisa balik berteman lagi. Gak baik cari musuh. Curhat dengan sahabat juga bisa bantu kalian cepat move on loh.

3. Perluas Pergaulan

Gabung dengan komunitas baru, buka lebar pergaulan kalian. Selain membantu buat nglupain mantan, siapa tau kalian nemu jodoh baru. Misalnya kalau sukatravelling, gabung di komunitas backpacker atau couchsurfing. Semasa pacaran, mungkin pergaulan kalian terbatas, karena kemana-mana bareng doi. Setelah putus, kalian ada kesempatan buat kenal orang baru. Selain itu, kalian dapat pengalih perhatian untuk nglupain patah hati.

4. Mencintai Diri Sendiri

Salah satu hal yang bikin patah hati jadi berlarut-larut adalah menyalahkan diri sendiri. Berhenti ngelakuin hal itu, arahin hidupmu ke hal positif. Banyak bersyukur dari hal-hal kecil. Sebelum mereka hadir sebagai pacar, lo bisa tertawa lepas. Percaya deh, kalo dulu lo pernah bahagia tanpa mereka, lo juga bakal baik-baik aja tanpa mereka.

5. Cari Pengganti

Jangan pernah terlihat lemah di mata mantan. Lo harus bisa tunjukin kalo bisa dapat yang lebih baik dari mereka. Buat mereka nyesel udah ninggalin lo, dan fokus ke pacar yang sekarang. Meskipun pernah dikecewakan, lo harus punya pikiran kalo lo gak akan ngecewain pacar yang sekarang. Siapa tau pacar yang sekarang bisa diajak merangkai masa depan bersama, aseek!

Gue nulis ini cuma pengen berbagi dengan kalian. Dan berharap kalian gak ngelakuin hal-hal konyol.

Don't live in the past, Lets move on!