Mohon tunggu...
Bude Ruri
Bude Ruri Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Hidup bermanfaat lebih beruntung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Apa yang Perlu Disiapkan Menghadapi ANBK Tahun 2022?

8 Agustus 2022   11:44 Diperbarui: 8 Agustus 2022   17:06 3132 24 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi siswa sedang mengerjakan soal dalam Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Foto: Kompas.com/Ferganata Indra Riatmoko

Menurut jadwal yang kami terima ANBK jenjang Sekolah Dasar akan dilaksanakan pada ahir Oktober 2022 mendatang. Bagi lembaga sekolah sebagai penyelenggara ANBK saat ini masih mempunyai kesempatan mempersiapkan hal ihlwal terkait pelaksanaan ANBK, mulai dari sarana dan prasana hingga menyiapkan peserta ANBK itu sendiri.

ANBK sudah diselenggarakan dua kali, sejak dihapuskannya Ujian Nasional yaitu tahun pelajaran 2020/ 2021 dan tahun pelajaran 2021/2022. Sebagai pengalaman tahun lalu mungkin Bapak ibu sudah mengetahui hasil nilai rapot sekolah masing-masing.

Apa itu ANBK?

Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang selanjutnya disingkat ANBK adalah asesmen yang menggunakan komputer secara daring dan semi daring sebagai media untuk menampilkan dan menjawab soal.

Pelaksana Asesmen Nasional adalah lembaga yang bertugas dan bertanggung jawab melaksanakan kebijakan teknis Asesmen Nasional pada tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, satuan pendidikan, dan sekolah Indonesia di luar negeri.

Hasil ANBK adalah cerminan atau gambaran kondisi sekolah. Dalam pelaksanaannya peserta ANBK akan mengisi dan menjawab instrument survey karakter dan survey lingkungan belajar.  Survei Lingkungan Belajar bertujuan memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan

Bahkan menurut kepala sekolah saya, saat rapat dinas menyampaikan  bahwa saat ini hasil nilai ANBK menjadi nilai akreditasi sekolah.  Untuk itu berharap nilai ANBK tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Sedangkan survei lingkungan belajar menjadi potret  berbagai aspek  yang terkait lingkungan belajar baik di kelas maupun di sekolah.

Jika lembaga menyelenggarakan dengan mode daring maka cukup menyiapkan sejumlah lap top yang dibutuhkan bagi proctor  dan  jumlah peserta ANBK. Namun demikian jika jumlah lap top tidak memenuhi maka dapat dijadikan dua sesi. Sehingga pelaksanaan ANBK tetap berjalan tanpa adanya kendala.

Namun, jika sekolah menyelenggarakan dengan semi daring maka harus menyiapkan seperangkat alat dengan menyiapkan dana yang lumayan besar.  Seperti PC Komputer/PC.  Proktor Komputer/PC/Laptop Klien. Mengkonfigurasi jaringan local untuk klien menggunakan kabel (LAN). Mengkonfigurasi jaringan internet untuk PC Proktor (WIFI/LAN) dan masih banyak lagi perangkat yang harus dipenuhi agar sukses ANBK.

Tujuan ANBK adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan Asesmen  yang  dirancang untuk menghasilkan informasi akurat dan memperbaiki kualitas belajar mengajar.

Apa yang harus disiapkan bagi peserta ANBK?

Bagi peserta ANBK penting kiranya memahami bagaimana karakter soal.  Soal AKM terdiri dari literasi dan numerasi.  Bapak dan Ibu guru perlu menyampaikan kepada peserta didiknya, agar mereka siap secara mental menyelesaikan soal-soal yang tidak seperti biasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan