Mohon tunggu...
Bude Ruri
Bude Ruri Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Hidup bermanfaat lebih beruntung

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Berikut 7 Filosofi Hidup yang Terdapat pada Warna Pelangi

4 Agustus 2022   11:36 Diperbarui: 4 Agustus 2022   11:38 255 21 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Indahnya warna pelangi sebagai bukti ciptaan Tuhan yang  Maha sempurna. Gambar dari merdeka.com

Jalan Hidup seseorang  tidak selamanya mulus, seperti layaknya sebuah jalan. Terkadang berkerikil tajam dan berkelok, turun dan curam, terkadang halus mulus layaknya jalan Tol yang bebas hambatan. Begitulah kira-kira warna kehidupan.

Mengalami pasang surut perjalanan hidup silih berganti. Terkadang menemukan kebahagiaan setelah kepayahan yang dirasakan, atau justru menghadapi kesedihan yang tak berujung. Pelangi akan tampak indah karena banyak warna yang menselaraskan. Masih ingatkah pelajaran IPA masa SD? Apa saja warna pelangi itu?

Pak guru pernah mengatakan , cara mudah menghafalkan warna pelangi maka hafalkan suku kata depannya, mejikuhibiniu yang artinya "merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu

Liku-liku hidup  layaknya warna pelangi. Akan indah ketika berpadu dengan warna lain. Demikian juga problema hidup selalu menghiasi kehidupan manusia. Layaknya pelangi, masalah dan problema silih berganti, namun semua akan tampak indah pada waktunya.

Layaknya pelangi, saat melihat lebih dekat, kita akan melihat bahwa setiap warna akan tumpang tindih dan luntur menjadi satu dengan warna disebelahnya. Namun sebenarnya pelangi menghasilkan kilau cahaya putih yang membuat bagian dalam pelangi  jauh lebih terang dari pada bagian luarnya.

Demikian juga masalah yang dihadapi manusia selalu datang dan pergi silih berganti, bahkan pernah juga masalah yang satu belum selesai datang lagi masalah baru. Persis layaknya pelangi yang warnanya tumpang tindih dengan warna sebelahnya.

Namun dibalik itu, ternyata warna-warni pelangi bisa menghasilkan cahaya putih yang lebih terang. Sama halnya ketika kita menghadapi masalah dan problema yang bertubi-tibi, sesungguhkanya dibalik itu semua Tuhan menyiapkan rencana yang lebih indah dan membahagiakan.

Berikut arti filosofi hidup dengan warna pelangi yang dikutip dari ScienceStruck

satu, warna merah.

Natioanl Geographic menyebutkan warna merah pada pelangi adalah gelombang warna terpanjang dengan ukuran 650 nanomater. Warna ini melambangkan antusiame, gairah, kemarahan, juga energi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan