Mohon tunggu...
Khuriyatul Ainiyah (Bude Ruri)
Khuriyatul Ainiyah (Bude Ruri) Mohon Tunggu... Guru - Guru SD, Penulis buku

Hidup bermanfaat lebih beruntung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Berikut 5 Cara Menanamkan Sikap Tanggung Jawab terhadap Siswa

18 Mei 2022   13:53 Diperbarui: 18 Mei 2022   16:56 1838
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Guru mengajarkan murid pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen di SDN 065 Cihampelas, Bandung, Jawa Barat, Senin (10/1/2022). (ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI)

Pagi itu seperti biasa saya datang sekolah dan menuju ke parkiran motor. Belum selesai saya memosisikan motor tiba-tiba beberapa anak berlari menuju ke arah saya dan mengadu, "Bu, kaca kelas satu pecah".

"Ya, Bu, kaca jendela kelas satu pecah". Saya belum merespons karena masih sibuk dengan motor yang saya parkir.

Setelah selesai, belum sempat menanggapinya, tiba-tiba sebagian murid berdatangan dan menggerombol, sehingga saya menjadi kerumunan anak-anak. Semua berkata dengan bahasa mereka sendiri yang intinya mengadukan bahwa kaca jendela kelas satu pecah.

Spontan saya berjalan menuju kelas satu, dan memang benar jendela itu sudah tak berkaca lagi. Sontak saya menanyakan, "Siapa tadi yang memecahkan kaca?"

"Barja, Bu," jawab anak-anak serempak.

"Benar Barja yang memecahkan jendela?" Tanyaku heran.

Barja yang dari kejahuan berlari mendekatiku dan menjawab lesu, "Ya Bu, saya yang memecahkan jendela."

"Loh memangnya sepagi ini kamu sudah bermain sepak bola, siapa saja temanmu?"

"Sendiri Bu,"  jawabnya penuh percaya diri.

"Saya tidak sengaja Bu, tiba-tiba tendangan saya menuju ke arah jendela," jawabnya tegas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun