Mohon tunggu...
Bude Ruri
Bude Ruri Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Hidup bermanfaat lebih beruntung

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Perlukah Vaksinasi Booster, Berikut Urgensinya

8 Januari 2022   11:50 Diperbarui: 8 Januari 2022   11:57 148 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Vaksinasi Booster, vaksinasi dosis ketiga. Sumber : Compas.Com

Mendengar kata vaksin, terbayang jarum suntik di depan mata. Ada perasaan takut, cemas dan enggan. Rasa takut tiba-tiba seperti anak kecil yang takut disuntik. Wajar dan manusiawi, bahkan sebagian orang memang takut disuntik karena tak pernah merasakan jarum suntik sejak kecil.

Mendengar ada varian baru covid 19, "omicron". Rasa hawatir dan cemas ahirnya menghampiri. Padahal sejak September tahun lalu lingkungan tempat tinggal saya sudah tidak ada lagi orang yang terpapar covid. Tidak seperti di bulan Juni hingga Juli, satu hari bisa dua atau sampai orang meninggal tersebab covid.

Ayem rasane ati, mungkinkah covid benar-benar lenyap di nusantara ini? begitu saya berpikir. Namun, belum lama rasane bungahe ati, tiba-tiba  terdengar santer di media elektronik maupun media cetak bahwa ada varian baru "Omicron"namanya.

Saya yang tidak mengetahui bahasa medis menjadi terhenyak sambil bergumam, "Ya Alloh opo maneh iki".

Yang saat ini tengah kupikirkan adalah anak-anak sekolah yang sudah mulai belajar tatap muka, akankah kembali libur lagi seperti tahun-tahun sebelumnya?

Semoga tidak lagi terjadi, itu jawaban sekaligus doa yang kupanjatkan. Untuk itu sangat penting bagi anak usia sekolah mengikuti vaksinasi yang oleh pemerintah telah dilaksanakan mulai Desember tahun lalu. Semoga ini langkah awal agar anak usia sekolah aman dari penularan bahaya covid.

Namun yang menjadi bahasan saya seperti yang tertera pada judul di atas siapkah anda mengikuti vaksin boster yang dicanangkan pemerintah?

Apakah Vaksin Booster ?

Laman tempo.co pada  tanggal 8 Januari 2022 juga menyebutkan bahwa  Pemerintah Indonesia merencanakan pemberian vaksin booster bagi masyarakat umum mulai tahun 2022. Pemberian vaksin akan dimulai jika jumlah penerima vaksin di Indonesia telah mencapai 50 persen dari vaksin kedua.

Melansir Medical News Today, vaksin booster adalah dosis vaksin tambahan yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap penyakit. Hal ini karena efek vaksin dapat hilang seiring berjalannya waktu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan