Mohon tunggu...
Runa AryahiyatusShiha
Runa AryahiyatusShiha Mohon Tunggu... Editor - Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN TIM II UNDIP 2022: Pengajaran Bahasa Asing guna Melatih Siswa SD dengan Program Literasi Membaca Bilingual

11 Agustus 2022   10:24 Diperbarui: 11 Agustus 2022   11:01 69 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pernahkah anda berfikir kalau mempelajari atau menguasai lebih dari satu Bahasa itu keren ? Tak hanya keren, belajar Bahasa asing ternyata juga bisa memberikan banyak manfaat loh buat kehidupan kita di masa yang mendatang. Seperti contohnya di saat kita bekerja dimana kesempatan bekerja nantinya semakin terglobalisasi dimana ketika anda memiliki bisnis kecil, peluang untuk mengembangkannya menjadi lebih besar. 

Wah bagaimana bisa ? ketika kita memiliki kemampuan atau pengetahuan akan Bahasa asing hal ini bisa berguna untuk berusaha memperoleh market pasar luar atau internasional.

      Fakta menunjukkan Ketika anda mudah mempelajari suatu Bahasa maka akan semakin mudah lagi untuk mempelajari Bahasa lainnya. Semakin banyak Bahasa yang du ketahui maka semakin banyak manfaat yang dapat dinikmati terutama untuk meunjang karier professional maupun kehidupan sehari hari. Adapula manfaat yang didapatkan dari mempelajari Bahasa asing yakni ; membuat anda lebih pintar, dengan belajar Bahasa asing akan memudahkan daya ingat kita membuat otak lebih focus. Orang dengan kemampuan bilingual lebih memungkinkan untuk menyelesaikan permasalahan dengan baik. Menjadikan kepribadian yang multitasking, mampu membuat keputusan dengan lebih baik karena mampu berfikir secara rasional dan logis. Dengan belajar susunan Bahasa lain anda secara otomatis lebih memahami struktur bahasa native.

      Sebagai makhluk sosial yang hidup di antara berbagai bangsa, kita tentunya perlu untuk tak hanya fokus terhadap bangsanya sendiri namun juga perlu mengetahui dinamika kehidupan bangsa lain secara umum untuk menciptakan manusia yang berwawasan luas dan berkompeten nantinya, termasuk juga pengenalan terhadap negara-negara apa saja selain Indonesia di dunia ini, budaya, lambang negara, organisasi dan lain sebagainya. Anak-anak cenderung rasa ingin tahunya tinggi. Di usia Anak anak pola pikiran yang cenderung lebih fresh maka akan lebih mudah untuk mereka mempelajari Bahasa asing ketimbang orang dewasa.

      Dan terkadang mereka bosan jenuh dengan informasi yang disajikan secara formal. Disini dengan adanya program kerja KKN yakni memperkenalkan budaya mancanegara dengan melakukan gerakan literasi membaca bilingual terhadap siswa SDN 02 Badegan siswa di suguhi komik cerita dongeng khas negara lain yang dikemas dengan bilingual sehingga menambah wawasan siswa terhadap bahasa asing sekaligus menambah wawasan seputar kebudayaan bangsa lain.

Gambar 1. Dokpri


      Mahasiwa KKN TIM II Universitas Diponegoro dalam bentuk pengabdiannya terhadap masyarakat yang berlokasi KKN di desa Badegan, Margorejo, Pati Jawa tengah agenda Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk tim II periode 2022.  

KKN sekaligus merupakan kegiatan yang menjadi sarana implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan cara terjun langsung mengabdi untuk masyarakat. Dengan mengeluarkan program monosisiplin yakni Program literasi membaca bilingual. Kelompok KKN UNDIP memberikan buku bacaan dongeng bilingual yang terdiri dua Bahasa dimana berisi Bahasa Indonesia dan juga bahasa dari tiga Bahasa yakni Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Jepang. 

Kemudian diberikannya waktu untuk membaca dan mengamati alur cerita didalam buku tersebut dan memberikan kesempatan untuk beberapa siswa mengutarakan isi atau alur cerita yang terkandung didalam buku bilingual di depan kelas lalu selanjutnya di lanjutkan dengan belajar bahasa asing dimulai dengan Bahasa Bahasa dasar seperti mengucapkan salam dan memperkenalkan diri. perwakilan dari kami juga memberikan pengajaran mengenai cara berbahasa inggris dengan baik dan benar mengenai grammar bahasa inggris. Setelah proses Sosialisasi usai kami tutup dengan acara foto bersama. 

Gambar 2. Dokpri
Gambar 2. Dokpri


Harapan dari program belajar bilingual ini adalah agar dapat menguatkan kompetensi siswa SDN 02 Badegan dalam berbahasa asing. Dengan menggunakan model ini terdapat dua hal utama yang diperoleh siswa, yaitu penguasaan ilmu pengetahuan dan berbicara dalam dua bahasa. 


Penulis : Runa Aryahiyatus Shiha

Dosen pembimbing : Ojo Kurdi, ST.,M.T., Ph.D.


KKN TIM II UNDIP 2022/2023

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan