Mohon tunggu...
Rumah Pena Inspirasi Sahabat
Rumah Pena Inspirasi Sahabat Mohon Tunggu... Lainnya - #Rumpies The Club# Komunitas Fiksi Kompasiana

Rumah Pena Inspirasi Sahabat ^Tempatmu berbagi inspirasi menulis fiksi bersama para sahabat^ • Kompasiana: Rumah Pena Inspirasi Sahabat • FB : Rumah Pena Inspirasi Sahabat (Rumpies The Club) • Twitter: @RumpiesClub

Selanjutnya

Tutup

Hobby Artikel Utama

Event Daring "Bincang Buku Bareng Jokpin" Bersama Joko Pinurbo, Kompasiana, dan RTC

18 November 2021   22:51 Diperbarui: 19 November 2021   15:25 372 26 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Event daring Bincang Buku bareng Jokpin, bersama Joko Pinurbo, Kompasiana dan RTC (Foto dok. RTC).

Pada tanggal 16 November 2021 pukul 19.00 WIB kemarin, berlangsung event daring Bincang Buku bareng Jokpin bersama Joko Pinurbo, Kompasiana, dan Rumah Pena Inspirasi Sahabat (RTC) digelar. Ini merupakan event pertama kali bagi RTC yang merupakan komunitas fiksi di Kompasiana.

Sebenarnya keinginan untuk menggelar acara ini sudah lama ada, tetapi karena kesibukan masing-masing admin RTC, baru bisa terlaksana kemarin tanggal 16 November 2021.

Sempat terkendala oleh sinyal dan cuaca yang tidak bersahabat, akhirnya acara berlangsung dengan lancar dan aman hingga akhir.

Selain Joko Pinurbo sebagai narasumber, hadir juga dari perwakilan Kompasiana M. Hafizhuddin dan peserta event daring Sahabat RTC yang berjumlah hampir 70 orang. Mereka dengan antusias mendengarkan dari awal hingga acara berakhir.

Selain Jokpin sebagai narasumber, hadir juga perwakilan dari Kompasiana, M. Hafizhuddin. (Foto: Dok. RTC)
Selain Jokpin sebagai narasumber, hadir juga perwakilan dari Kompasiana, M. Hafizhuddin. (Foto: Dok. RTC)

Joko Pinurbo dan Buku Terbarunya, Kabar Sukacinta

Joko Pinurbo adalah salah seorang penyair yang karyanya mampu menjangkau khalayak pembaca yang luas. Menunaikan ibadah puisi sejak di SMA, penyair kelahiran 11 Mei 1962 yang populer dengan panggilan Jokpin ini telah menerbitkan belasan buku puisi, antara lain Celana, Selamat Menunaikan Ibadah Puisi, Surat Kopi, Buku Latihan Tidur, Perjamuan Khong Guan, Salah Piknik, dan Sepotong Hati di Angkringan. 

Berbagai penghargaan telah diterimanya: Hadiah Sastra Lontar (2001), Tokoh Sastra Pilihan Tempo (2001, 2012), Penghargaan Sastra Badan Bahasa (2002, 2014), Kusala Sastra Khatulistiwa (2005, 2015), The S.E.A. Write Award atau Penghargaan Sastra Asia Tenggara (2014), Anugerah Kebudayaan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (2019), dan Buku Akik Award (2020). 

Puisi-puisi dalam buku Kabar Sukacinta ini ditulisnya pada tahun 2021 dan diterbitkan dalam rangka Satu Abad Penerbit dan Percetakan Kanisius.

Dalam acara event daring ini, saat ditanya apa puisi yang favorit dalam buku tersebut? Beliau mengatakan bahwa tidak ada puisi yang paling favorit, semua puisi yang ia buat adalah favorit. Semua yang ada dalam bukunya merupakan hasil perenungannya dan favorit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan