Mohon tunggu...
Rumondang Ernawati Sitohang
Rumondang Ernawati Sitohang Mohon Tunggu... Guru - Proud Mom. Bahagia itu jika masih bisa traveling, menulis dan bernyanyi

Seorang pendidik, blogger.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Pentingkah Menjadi Anggota ILUNI (Ikatan Alumni)?

12 Juni 2022   20:38 Diperbarui: 12 Juni 2022   20:44 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Dokpri (Dilarang mengambil tanpa seizin penulis)


Hari ini tepatnya Minggu, 12 Juni 2022 kami yang tinggal di Jabodetabek- Bandung mengadakan pertemuan Ikatan Alumni 92 SMA Negeri 1 Pangururan. Pertemuan ini bertempat di Royal Resto, jalan Pemuda Nomor 1A Jatinegara. Selain sebagai ajang kumpul kangen, agenda hari ini adalah serah terima jabatan dari pengurus lama kepada pengurus baru. Adapun periode kepengurusan untuk periode 3 tahun ke depan (2022-2025).

Apa yang mendasari terbentuknya ikatan alumni ini? Apa pentingnya masuk organisasi ikatan alumni? Bagi saya pribadi, membentuk ikatan alumni sangatlah penting. Yang mendasarinya adalah keberadaan kita sebagai makhluk sosial yang tentu saja, tidak dapat hidup sendiri tanpa peran orang lain. 

Selain karena kita adalah makhluk sosial, berikut ini akan saya paparkan manfaat menjadi anggota ikatan alumni bagi anggota maupun sekolah yaitu:

  1. Meningkatkan rasa persaudaraan, saling mendukung dalam suka dan duka. Ini penting!

  2. Menambah jejaring sosial. Misalnya mendapatkan informasi lowongan pekerjaan bagi keluarga alumni.

  3. Menambah prestise dan meningkatkan nama baik sekolah.

Namun dalam perjalanannya, banyak ikatan alumni yang tidak berjalan semestinya. Biasanya hal ini disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya: kurangnya sense of belonging, menganggap bahwa ikatan alumni itu kurang penting, atau terjadinya dikotomi pemikiran anggota-anggotanya. Sebagai generasi yang hidup di era globalisasi, selayaknya kita tetap mempertahankan keberadaan ikatan alumni. Percayalah, pada akhirnya kita akan menyadari bahwa masuk ikatan alumni lebih banyak memberikan manfaat/ kemudahan daripada kesulitan.

Akhirnya, sebagai penutup saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman pengurus lama atas waktu dan tenaganya selama ini. Tuhan akan berikan berkat luar biasa pada teman-teman. Selamat bertugas kepada pengurus baru. Hanya kekuatan Tuhan yang memampukan teman-teman dalam menahkodai ikatan alumni ini. Salam kesehatian!

Kota Industri, 12 Juni 2022 (19.00)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun