Mohon tunggu...
Rumah Belajar BEM UI
Rumah Belajar BEM UI Mohon Tunggu... Lainnya - -

Rumah Belajar (Rumbel) BEM UI merupakan salah satu program kerja Departemen Sosial Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa UI (BEM UI) yang bergerak di bidang pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Hari Gizi: Sudahkah Seimbang Asupan Gizi Kita?

25 Januari 2023   16:15 Diperbarui: 25 Januari 2023   16:27 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: ICANDO /Gambar 4 Sehat 5 Sempurna

Tepat pada tanggal 25 Januari Indonesia memperingati Hari Gizi Nasional. Ternyata, ada hari yang dikhususkan untuk memperingati pentingnya gizi untuk tubuh kita, lho! 

Apa itu Hari Gizi Nasional?

Hari Gizi Nasional diperingati di Indonesia setiap tanggal 25 Januari. Peringatan hari gizi nasional ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terkait pemenuhan gizi yang baik dan seimbang

Hal ini penting untuk kesehatan tubuh yang baik guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Ditambah pula masih banyaknya masalah pada masyarakat Indonesia yang terkait dengan perilaku  makan, perilaku hidup bersih & sehat (PHBS), dan adanya penyakit-penyakit yang  berkaitan dengan gizi tidak seimbang.   

Sejarah Hari Gizi Nasional

Sejarah peringatan Hari Gizi Nasional diawali dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR) pada tanggal 25 Januari 1951. Pembangunan ini dilakukan ketika Dokter J. Leimena menjabat sebagai Menteri Kesehatan sebagai bentuk upaya perbaikan gizi masyarakat. 

Beliau mengangkat Prof. Poorwo Soedarmo sebagai kepala Lembaga Makanan Rakyat dan dikenal sebagai Bapak Gizi Indonesia. Hari Gizi Nasional diadakan untuk pertama kalinya oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR) pada tahun 1960-an. Kemudian, peran tersebut digantikan oleh Direktorat Gizi Masyarakat pada tahun 1970-an sampai sekarang. 

Cara Menjaga Asupan Gizi yang Seimbang

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ada sepuluh pedoman gizi seimbang yang perlu dipahami, yaitu:

  1. Biasakan mengonsumsi aneka ragam makanan pokok.

  2. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Healthy Selengkapnya
    Lihat Healthy Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun