Mohon tunggu...
Rumah Belajar BEM UI
Rumah Belajar BEM UI Mohon Tunggu... Lainnya - -

Rumah Belajar (Rumbel) BEM UI merupakan salah satu program kerja Departemen Sosial Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa UI (BEM UI) yang bergerak di bidang pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Memperingati Hari Dongeng

28 November 2021   16:37 Diperbarui: 28 November 2021   16:42 109 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar 1. Pendongeng dengan bonekanya Sumber: news.detik.com (2018)

Yuk ketahui manfaat dongeng untuk anak!

Halo, Sobat Rumbel! Kalian pernah baca kisah dongeng atau nonton pendongeng menceritakan kisah dongeng? Ceritanya yang asik dan selalu menyimpan kejutan pastinya membuat kita sangat suka untuk mendengarkan kisah dongeng.

Ngomong-ngomong, kalian lebih suka baca cerita dongeng sendiri atau dipentaskan nih?! Orang yang mementaskan cerita dongeng disebut pendongeng. Mereka yang akan memperagakan suara, gerakan, dan karakter dari tokoh cerita dongeng melalui boneka.

Kegiatan membaca atau mendengarkan cerita dongeng kelihatan sepele ya. Mungkin kita juga berpikir kalau dongeng memang hanya menjadi hiburan belaka. Tetapi tau gak sih kalau mendongeng memiliki segudang manfaat untuk anak? Mari kita bahas!

Menurut (Asfandiyar, 2007) Dongeng merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan aspek-aspek kognitif (pengetahuan), afektif (perasaan), sosial, dan aspek konatif (penghayatan) pada anak-anak. Dongeng memiliki segudang manfaat untuk anak-anak, antara lain :

1. Menambah Pengetahuan

Cerita legenda di suatu tempat dapat memberikan pengetahuan baru untuk anak, seperti nama tempat dan nama tokoh. Seperti dalam cerita sangkuriang, diceritakan bahwa Sangkuriang menendang perahu yang ia buat dan akhirnya terbalik. Legendanya perahu yang terbalik tersebut menjadi Gunung Tangkuban perahu yang kita kenal saat ini.

Gambar 2. Gunung Tangkuban Perahu yang identik dengan kisah sangkuriangSumber: sukabumiupdate.com (2021)
Gambar 2. Gunung Tangkuban Perahu yang identik dengan kisah sangkuriangSumber: sukabumiupdate.com (2021)

2. Melatih Konsentrasi
Saat pendongeng sedang membacakan ceritanya, si Anak akan mulai memperhatikan kalimat-kalimat, mimik wajah, emosi yang dikeluarkan. Kemampuan konsentrasi menjadi lebih baik dan dapat merangsang kemampuan yang lain.

3.Menambah Perbendaharaan Kata
Saat seorang anak mendengarkan dongeng, kemungkinan akan ada kalimat atau kata-kata baru bagi anak. Semakin banyak banyak anak mendengarkan cerita dongeng, artinya  semakin banyak pula pengetahuan kosakata baru untuknya.

4.Memicu Daya Pikir Kritis pada Anak
Anak biasanya akan bertanya tentang semua hal yang terdengar baru baginya. Saat mereka mendengarkan cerita dongeng yang belum pernah didengar, mereka akan penasaran dan bertanya-bertanya tentang hal baru tersebut. Hal ini akan melatih anak untuk mengungkapkan apa yang ada di dalam pikirannya dan memicunya untuk dapat berpikir lebih kritis.

Nah, itulah manfaat-manfaat mendongeng bagi anak! Sebenarnya masih banyak lho manfaat yang lain. Menarik sekali bukan? Yuk lebih rajin membaca dan mendengarkan cerita dongeng!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan