Mohon tunggu...
Rumaisya NurFarahdillah
Rumaisya NurFarahdillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hallo saya Rumai. Saya merupakan seorang mahasiswa dari jurusan komunikasi dan penyiaran islam, saat ini saya lagi mempunyai hobi menulis.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Cara Mahasiswa Dalam Membagi Waktu Agar Masa Depan Terstruktur

3 November 2022   09:19 Diperbarui: 3 November 2022   09:22 285
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Seorang mahasiswa harus bisa mengembangkan dan mampu dalam menerapkan time management. Membuang-buang waktu sama saja dengan anda mempersulit hidup dan memperlambat kesuksesan. Anda hanya mempunyai waktu 24 jam dalam satu hari dan 168 jam dalam satu minggu. Waktu berlalu begitu cepat dan tidak terasa. Mau tidak mau waktu 24 jam ini bisa di bagi dengan baik. Waktu merupakan salah satu sumber daya yang tidak dapat di reproduksi ulang dan tidak bisa diambil alih. Mulai dari tidur, bangun tidur, makan, sampai beraktivitas dan mengerjakan tugas harus anda gunakan sebaik mungkin. Masih banyak mahasiswa yang belum mengerti, bahkan belum mempunyai time management. Ketika anda sudah bisa mengelola waktu dengan sebaik mungkin, disitu lah anda memulai merancang masa depan dan mulai selangkah lebih maju dari orang lain.

Manajemen waktu yang baik membuat anda lebih fokus dan lebih disiplin, terutama dengan prioritas hidup anda. Waktu adalah uang. Kalimat ini sangat berpengaruh besar bagi mereka yang menghargai waktu mereka. Banyak dari orang-orang sukses, mereka lah yang mampu dan menghargai waktu. Jika anda menginginkan kehidupan yang terstruktur, belajarlah dalam time manajement. Gunakan waktu dengan sebaik-baiknya, jangan pernah menunda sesuatu yang sudah direncanakan. Jika anda sering menunda-nunda sesuatu, dampak kerugian besar yang akan anda dapatkan.  Di pembahasan ini, akan dibahas bagaimana cara membuat time manajement dan mengedepankan prioritas.

Time management adalah tindakan atau proses perencanaan dan pelaksanaan pantauan sadar atas sejumlah waktu yang digunakan untuk aktivitas khusus, terutama untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas (Singh & Jain, 2013). Atau seperti dikatakan Humes (dalam Adebisi, 2013), time management secara singkat dapat diartikan sebagai suatu seni mengatur, mengorganisasi, menjadwalkan, serta menganggarkan waktu seseorang untuk menghasilkan kerja lebih efektif dan produktif.

Menurut Donaldson (dalam Adebisi, 2013) "The aim of good time management is to achieve the lifestyle balance you want." Waktu yang bagus dalam pekerjaan berarti melakukan pekerjaan berkualitas tinggi, bukan terutama tinggi dalam hal kuantitas. 

Claessens, et al (2007) menemukan bahwa menggunakan teknik time management akan berhubungan langsung dengan kinerja dan kepuasan, serta dapat mengurangi kegalauan dan kecemasan. Dengan begitu, pengaturan time manajement yang baik akan sangat membantu bagi para mahasiswa untuk mengelola waktu menjadi lebih produktif, lebih kreatif dalam mencari inovasi, menghindari dari banyaknya tugas yang menumpuk dan mencari kesibukan lain ataupun menyicil tugas selanjutnya yang diberikan oleh dosen.

Apalagi untuk mahasiswa yang aktif dalam organisasi. Terkadang mereka lupa untuk membagi waktu antara organisasi dengan perkuliahan. Dengan time management akan lebih mempermudah mahasiswa dalam mengalokasikan waktu dengan merata dan optimal untuk mengerjakan setiap tugas. Selain itu jangan lupakan gaya hidup sehat. Untuk dapat mengatur keseimbagan antara organisasi dan kegiatan akademik, jangan keseringan begadang sampai pagi. Istirahat secara cukup karena akan membuat mahasiswa berfikir lebih cepat dan lebih segar. Pola makan yang sehat juga harus menjadi perhatian mahasiswa terutama bagi yang jauh dari keluarga dan tinggal di kos-kosan. Ada beberapa cara atau metode yang dapat anda gunakan untuk bagaimana membagi-bagi waktu untuk mengerjakan tugas perkuliahan dengan optimal, yaitu yg pertama adalah metode ALPEN. Metode ALPEN ini mulai dikembangkan oleh Prof. Lothar J. Seiwert, seorang ahli ekonomi dan manajemen waktu.

  • Tulis seluruh tugas dan kegiatan yang harus kamu lakukan
  • Perkirakan panjang durasi yang dibutuhkan
  • Rencanakan tambahan waktu
  • Buat keputusan berdasarkan prioritas
  • Kontrol dan evaluasi setelah melakukan seluruh tahapan

Metode kedua adalah metode Eisenhower. Metode ini merupakan metode yang harus dikerjakan terlebih dahulu dalam 4 tingkatan berdasarkan tingkat kepentingan dan level urgensinya.

  • Penting dan urgent
  • Penting tetapi tidak urgent
  • Tidak penting tapi urgent
  • Tidak penting dan tidak urgent

Dengan beberapa metode ini, anda tidak lagi mempunyai alasan untuk tidak mengerjakan tugas dengan alasan mempunyai kegiatan di organisasi. Jika anda memiliki banyak pekerjaan di organisasi, anda harus menentukan prioritas terlebih dahulu yang mana akan anda kerjakan lebih dahulu dan yang mana akan anda sampingkan. Ada baiknya juga jika anda mengerjakan pekerjaan di awal. Contohnya, jika anda mendapatkan tugas di hari itu, sebisa mungkin di hari itu anda mengerjakannya. Satu hal yang dapat menolong untuk mencapai suatu keefektivan penggunaan time management adalah dengan memerhatikan suatu hal yang bersifat mendesak dengan sesuaatu yang bersifat penting. Patuhi setiap jadwal yang sudah anda buat. Anda harus membiasakan diri untuk menjadi disiplin agar terbiasa dengan waktu yang sudah anda buat.  Beberapa banyak tips ataupun metode terbaik pun mungkin tidak akan membantu, jika tidak dikerjakan dengan konsisten.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun