Mohon tunggu...
Rumah Kayu
Rumah Kayu Mohon Tunggu... Catatan inspiratif tentang keluarga, persahabatan dan cinta...

Ketika Daun Ilalang dan Suka Ngeblog berkolaborasi, inilah catatannya ~ catatan inspiratif tentang keluarga, persahabatan dan cinta...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Sebuah Catatan Ringan dari Orasi Ilmiah Seorang Guru Besar

21 Agustus 2017   12:03 Diperbarui: 22 Agustus 2017   07:20 2464 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sebuah Catatan Ringan dari Orasi Ilmiah Seorang Guru Besar
kindness-1-599a6911357cf4293e57b363.jpg

Kebaikan itu berdampak panjang..

SUARANYA tercekat.

Hening sejenak.

Dia, yang berdiri di podium menyampaikan orasi ilmiah sebagai salah satu bentuk pertanggung jawaban akademik dan komitmennya atas jabatan Guru Besar di perguruan tinggi tersebut adalah adikku.

Merupakan Guru Besar dalam usia termuda di Fakultasnya, hari itu adikku sedang memaparkan beragam kontribusi, hasil penelitian dan karya dalam bidang keahliannya dan aplikasinya di berbagai bidang dan industri serta rencana pengembangan keilmuan di masa yang akan datang.

Pemaparan dilakukannya dengan cara yang menarik.

Hadir hari itu dalam orasi ilmiah tersebut ratusan orang, dari para profesor beragam usia, para kolega, teman sekolah, para mahasiswa dan keluarga. Artinya, ada beragam macam orang dengan berbagai latar belakang, pengalaman, wawasan yang berbeda yang hadir mendengarkan orasi tersebut. Dibutuhkan kemampuan yang baik untuk menjelaskan beragam hal teknis untuk bisa dipaparkan dengan cara yang dapat dipahami oleh orang- orang dengan latar belakang serta usia yang beragam tersebut.

Dan aku dengan senang hati mendapati bahwa adikku bisa melakukannya dengan baik. Bukan hanya orang- orang yang seprofesi yang bisa memahami uraian ilmiahnya, tapi kulihat di deretan keluarga, para anak dan keponakan kami yang berusia beliapun mengikuti pemaparannya dengan rasa tertarik.

Aku selalu percaya, orang yang benar- benar pintar akan bisa menyederhanakan hal- hal yang rumit. Bukan membuat kompleks hal-hal sederhana.

Karya- karya yang dipaparkan adikku merupakan hasil penelitian panjang bertahun- tahun. Jelas bukan sesuatu yang mudah. Tapi dia bisa menerangkan dengan cara dimana orang yang awampun bisa memahami apa yang sedang dikatakannya...

Dan begitulah. Adikku yang salah satu buku yang ditulisnya kini digunakan sebagai text book referensi di sebuah negara di Eropa, memegang beberapa hak paten atas hasil penemuannya, dan telah menerbitkan puluhan jurnal internasional dan nasional itu menyampaikan presentasinya dengan baik dan lancar, ditingkahi oleh beberapa kali tepuk tangan dari hadirin di tengah- tengah orasinya sebagai penghargaan untuk apa yang dipaparkannya. Sampai, ketika tiba di bagian penutup orasinya, ketika ucapan terimakasih disampaikan..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN