Mohon tunggu...
Rumah Tahanan Negara Masohi
Rumah Tahanan Negara Masohi Mohon Tunggu... Penegak Hukum - Akun Resmi Rumah Tahanan Negara Masohi dikelola oleh tim humas

Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Masohi adalah Unit Pelaksana Teknis dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum Dan HAM RI

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Tes Urine, Rutan Masohi Pastikan WBP Bersih dari Narkotika

27 September 2022   18:07 Diperbarui: 27 September 2022   18:10 36 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Masohi dengan kasus pidana narkotika secara menyeluruh jalani tes urine, Selasa (27/9). Tes urine dilaksanakan secara mendadak setelah petugas kesehatan Rutan Masohi melakukan skrining kesehatan WBP di Klinik Rutan Masohi.

 

Dalam satu bulan terakhir, Rutan Masohi menerima beberapa tahanan baru dengan tindak pidana narkotika, untuk itu pelaksanaan tes urine digencarkan bagi WBP tindak pidana narkotika sebagai salah satu upaya dalam mendeteksi dini adanya pengedaran obat terlarang di dalam Rutan Masohi. Selain itu, pelaksanaan tes juga sebagai dukungan program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika, sekaligus implementasi 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju dan Back to Basics.

 

"Dengan semakin bertambahnya jumlah WBP kasus narkotika, maka kami juga harus menguatkan pemantauan indikasi adanya pengunaan dan pengedaran obat-obatan terlarang di dalam Rutan Masohi," ujar Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan, Hakim Abdul Gani.

 

Hasil dari pelaksanaan tes urine menunjukkan bahwa Rutan Masohi tetap mempertahankan komitmen bersih dari narkotika yaitu negatif secara keseluruhan. Walaupun begitu, jajaran Rutan Masohi tidak akan melonggarkan pemantauan untuk dapat terus memastikan tidak adanya peredaran dan penyalahgunaan obat terlarang di lingkungan Rutan Masohi.

 

"Terlebih dengan sudah kembali dibukanya layanan kunjungan tatap muka secara terbatas, maka pengawasan kami harus lebih diperkuat untuk dapat terus menjaga integritas dalam memberantas obat-obatan terlarang," tegas Gani.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan