Mohon tunggu...
Rullysyah
Rullysyah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

Belajar dan Berbagi

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Debat Kedua Capres, Ketika Prabowo "Ditanduk" Unicorn

19 Februari 2019   09:23 Diperbarui: 19 Februari 2019   10:05 1754
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
cover dari Liputan6

Sesuai dengan janji saya dalam artikel sebelumnya bahwa  saya akan membahas  kelemahan masing-masing Capres  pada Debat Kedua Pilpres 2019, atau mungkin tepatnya  bukan kelemahan melainkan membahas ketidak-puasan saya atas penampilan keduanya.

Dalam artikel kemarin memang saya lebih menyoroti Jokowi  terlebih dahulu karena 2 hal yaitu pertama Jokowi  dalam pandangan saya telah menyerang  hal-hal pribadi dari Prabowo dan yang kedua data-data yang disampaikan Jokowi tidak tepat setelah saya bandingkan dengan data yang saya temukan dari media-media resmi.

Saya tidak ingin membahas lagi soal data yang salah atau benar ataupun serangan Jokowi ke pribadi Prabowo karena sudah dibahas oleh banyak orang di berbagai media social maupun media online resmi.  Saya hanya ingin melanjutkan untuk  mengulas kesan apa yang saya tangkap setelah menonton Debat Kedua Pilpres 2019 kemarin terutama terkait performa Prabowo.

Secara umum melihat Debat kedua Capres 2019 kemarin kalau saya nilai memang secara keseluruhan Jokowi lebih unggul untuk  pendalaman materi debat di setiap segmen.  Secara detail Jokowi bagus sekali menyampaikan apa-apa yang sudah dilakukan pemerintahannya  baik pembangunan infrastruktur, penangan Energi, Lingkungan hidup dan produksi pangan. Penyajian paparannya  memang sangat baik hanya sayangnya  untuk detail datanya setelah direcek ternyata  banyak yang tidak tepat atau terkesan diblow-up.

Tapi intinya secara performa  selama debat Jokowi lebih unggul dari Prabowo pada malam kemarin. Jokowi lebih menguasa materi poinnya. Diluar dari  factor  karena memang Jokowi  sudah pernah  menghadapi  langsung masalah-masalah di bidang Infrastruktur, Energi, Lingkungan Hidup dan Pemberdayaan Pangan dalam pemerintahannya, Jokowi terlihat focus untuk memaparkan apa yang sudah dilakukan pemerintah untuk bidang-bidang tersebut.

Prabowo sendiri saya nilai meskipun kurang mengeksplores detail-detail paparan, secara prinsip semua materi yang diperdebatkan memang terlihat secara garis besarnya Prabowo sangat Concern dengan masalah-masalah yang ada dibidang-bidang tersebut. Ada terlihat kemauan yang sangat kuat dan keseriusan Prabowo untuk menyelesaikan masalah-masalah bangsa di bidang-bidang tersebut.

Sebelum melanjutkan pembahasan performa keduanya, ada satu Catatan yang ingin saya garis-bawahi dan sangat saya sesalkan terjadi pada Debat Capres kemarin.  Supporter kedua Capres terlalu berlebihan dan terlalu berisik sekaligus heboh.  Terutama  pendukung 01 yang terlalu sering bersorak ketika Jokowi selesai memaparkan satu pembicaran.

Aura yang tercipta di arena Debat itu seperti sedang dalam Stadion Bola dimana ada pertandingan final  antara Tim Tuan Rumah dengan Tim Tamu.  Tim Tuan Rumah sebagai kubu 01 sehingga mereka sangat bersemangat sekaligus sangat bising.

Pembukaan Debat Yang Bagus Dari Keduanya.

Bila mengamati Pembukaan Debat kemarin, keduanya cukup baik untuk awal narasi yang akan disampaikan.  Prabowo  mendapatkan kesempatan  terlebih dahulu untuk memaparkan Visi-misi.

Inti dari Visi-Misi Prabowo adalah Indonesia Adil-Makmur.  Prabowo ingin bersungguh-sungguh membangun  kemandirian bangsa. Dan itu bisa tercipta bila Swa Sembada Pangan, Swa Sembada Energy dan air mampu diwujudkan.  Itulah sebenarnya Tolok Ukur vers PBB untuk menilai keberhasilan suatu pemerintahan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun