Mohon tunggu...
Rully Moenandir
Rully Moenandir Mohon Tunggu... TV and Movie Worker

Seorang ayah dari 4 anak yang bekerja di bidang industri televisi dan film, serta suka sekali berbagi ilmu dan pengalaman di ruang-ruang khusus sebagai dosen maupun pembicara publik. Baru buat blog baru juga di rullymoenandir.blogspot.com, setelah tahun 2009 blog lamanya hilang entah kemana.

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Ssssttttt...Facebook Lagi "Sweeping"

21 April 2019   18:04 Diperbarui: 21 April 2019   19:40 0 2 0 Mohon Tunggu...
Ssssttttt...Facebook Lagi "Sweeping"
dokpri

Hallo...Hallo....

Sejak semalam, rame banget nih timeline Facebook yang pasang status kalau beberapa Status Facebook-nya katanya di HACK (tapi dia sendiri masih nulis dan update statusnya yang katanya di Hack tadi), atau Status-stausnya DIHAPUS dari laman Facebook pribadinya. Dan komentar-komentar yang menanggapi statusnya heroik-heroik sekali saya lihat, bahkan banyak yang sampai bertakbir lho !!!

Saya sharing sedikit yah....

Buat teman-teman, saudara-saudara, dan tentu handai taulan... Mungkin FBnya akhir-akhir ini terlihat agak-agak tidak seperti biasa
1. Minta login ulang dan minta rubah password (padahal sebelumnya standby terus terbuka tanpa perlu login)
2. Postingannya banyak yang dihapus (pasti hapal lah kita yah kalau pernah posting apa, terutama akhir-akhir ini, karena mungkin masih ramai direspon orang lain)

Gini...

FB sudah hampir sebulan ini lagi gencar "bersih-bersih", bahkan jika Anda punya Group (sebagai Admin) pasti akan nerima "surat perintah" dari FB untuk bantu-bantu FB menghapus postingan-postingan yang ada di Group kita.
Memang kenapa ? Ada apa ? FB mau bersih-bersih diri dari ujaran kebencian, kata-kata makian, kata-kata kasar, link-link web tidak jelas, link-link web yang menyebarkan fitnah alias data yang tidak terklarifikasi (dan pastinya mengurangi beban server mereka sih pastinya).

Jadi...JANGAN SUUDZON !!! Ada urusannya sama pemilu? GAK ADA !! Jadi jangan sampe ada kalimat-kalimat seperti..."Terus berjuang", "tegakkan kebenaran"..."Wah mereka sudah bayar FB nih buat melemahkan kita"..."Rezim gak tau malu, tegakkan yang Haq"....dll, dsb, sampai kalimat TAKBIR juga seliweran pada komentar-komentar kasus semacam ini.

dokpri
dokpri
Saya korban juga hampir 40 status FB saya dihapus FB dari bulan Oktober 2018 lalu...
Mereka pasti kasih pemberitahuan kok kalau status kita dihapus (jadi jangan bilang tiba-tiba atau ujug-ujug menghilang ya...gak baik bikin kisruh). Mereka sangat kooperatif kok, gak main hapus tanpa pemberitahuan, bahkan di pemberitahuan merekapun tetap mereka cantumkan S&K kita dalam menggunakan FB kok, jadi kalau sempet ya baca-baca dulu aja buat bahan kita nanti banding kalau dari S&K tadi kita memang gak salah, dan FBlah yang salah karena menghapus status kita.

dokpri
dokpri
Kita tinggal ikuti saja langkahnya yang diberikan FB, minta mereka pertimbangkan lagi (review) atau banding jika kita yakin status/tulisan kita bukan sebaran kebencian, status kita bukan hal yang mengandung spam, status kita bukan hal yang merugikan orang lain, apalagi mengancam jiwa.
Status saya yang hilangpun, kebanyakan dari blogspot milik saya sendiri berupa kerajinan tangan, menu masakan, dan cerita2 keseharian saya...so, sekali lagi jangan suuzon lah.

dokpri
dokpri
So, jelaskan ke FB apa isi status yang dihapus tadi, tinggal klik link yang mereka kasih. Atau Tinggal buka notification kita kayak foto yang saya kasih diatas, kemudian kita masuk ke layar khusus untuk nulis alasan kita kenapa status yang dihapus tadi merupakan kesalahan sistem FB. Setelah kita kirim, kemudian akan muncul status kalau FB akan memeriksa ualng apa yang telah mereka hapus, dan statusnya juga akan berubah menjadi IN REVIEW. Dan kalau tidak ada kolom bandingnya muncul, kita bisa langsung ke SUPPORT CENTER, adanya di pojok kanan atas yang bergambar tanda tanya; kemudian nanti kita buat pesan baru ke FB, dan tuliskan permasalahan kita, nanti setelah beres kita bisa mengcapture otomatis keluhan kita (tinggal klik tombolnya yang tersedia), jadi kalau protes soal status please stay on your home/ profile page, jadi nanti gambar yang tercapture adalah laman home atau profile kita, got it?

dokpri
dokpri
Alhamdulillah status saya yang sejak Oktoberan tadi sebelumnya hilang, beberapa puluh sudah kembali, butuh sekitar 2-3 hari dari kita ajukan banding kalau lnacar, ada juga yang 1 minggu penuh bahkan lebih. Yah, maklumin ajalah pasti protes semacam ini banyak, yang garap dan mampu berbahasa Indonesia pasti juga terbatas (status dan artikel saya juga hampir seluruhnya berbahasa Indonesia), jadi pasti makan waktu agak lama.
Sekarang, laman FB dan fanpage FB sayapun sudah normal kembali seperti sediakala, sesuai iritan tanggal posting tidak muncul semua di hari saat mereka "kembali" tentunya...tinggal nunggu beberapa lagi (dibawah 5 status) yang masih dalam kondisi "menghilang".

Tapi kalu memang isinya makian, ujuran kebencian, data tidak terklarifikasi ya....sadar diri aja yah kalau memang statusnya dihapus. Itung-itung dibantuin FB, meringankan nanti kita pas dihisab di padang mahsyar, OK?


Semoga Bermanfaat


VIDEO PILIHAN