Mohon tunggu...
Rully Moenandir
Rully Moenandir Mohon Tunggu... TV and Movie Worker

Seorang ayah dari 4 anak yang bekerja di bidang industri televisi dan film, serta suka sekali berbagi ilmu dan pengalaman di ruang-ruang khusus sebagai dosen maupun pembicara publik. Baru buat blog baru juga di rullymoenandir.blogspot.com, setelah tahun 2009 blog lamanya hilang entah kemana.

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Membuat Sticker WhatsApp di iPhone Sendiri

8 Januari 2019   20:26 Diperbarui: 9 Januari 2019   09:03 0 2 0 Mohon Tunggu...
Membuat Sticker WhatsApp di iPhone Sendiri
(opiniontech.com)

Sejak November 2018 lalu, sang aplikasi pengirim pesan terfavorit, WhatsApp (WA) sudah bisa mengirim pesan menggunakan stiker.

Awalnya, WA hanya mengijinkan sticker yang sudah disediakan, atau stiker yang bisa di download dari aplikasi lain, lalu digunakan oleh penggunanya. Ada yang GRATIS, dan ada yang BERBAYAR juga tentunya.

dokpri
dokpri
Namun, tidak berselang lama, sang aplikasi mengijinkan untuk pengguna membuat stiker-stiker dengan desain sendiri. Dan mulai bertebaranlah stiker-stiker unik dan menarik buatan "lokal", ada yang menggunakan teks saja dengan jargon-jargon kekinian, foto-foto bintang idola, baik serius maupun bernada humor yang menggelitik.

====

dokpri
dokpri
Lewat hampir 3 bulan sejak diluncurkan , saya yang biasanya sok sibuk ini, kebetulan punya waktu luang. Saya mulai mencari aplikasi-aplikasi praktis pembuat stiker, baik dari browsing, maupun tanya kanan-kiri dari teman yang sudah lebih dulu membuat stiker dengan desain sendiri.
Sayang, setelah korek-korek informasi, berbeda dengan hp berbasis Android yang bertabur aplikasi pembuat sticker WA...untuk merek henpon yang saya gunakan (iPhone), justru AppStore sebagai penyedia aplikasi menghapus sebagian besar aplikasi-aplikasi untuk mengedit foto/gambar untuk digunakan di WA (klik disini), sehingga aplikasinya SANGAT TERBATAS, dan itupun sangat tidak mumpuni.

Walhasil, Berbekal informasi ukuran Stiker 152 x 152 pixel dan ilmu desain secukupnya, saya akhirnya mencoba sendiri dengan segala kemungkinan yang ada di depan mata.

====

dokpri
dokpri
Setelah cari sana-sini stok foto yang akan digunakan tidak ada yang cocok, akhirnya saya putuskan untuk "membangun" studio dadakan untuk mengumpulkan stok foto.
Photosop saya pilih sebagai program dasar untuk mengolah dan menyusun foto, rasanya program ini paling banyak digunakan para desainer dan fotografer, jadi pilihan saya jatuh pada program ini juga untuk mengolah "calon" stiker saya.

Langkah-langkahnya normal saja, dari foto yang kita ambil, kita buang backgroundnya, agar terlihat transparan dan lebih menarik, serta mudah untuk modifikasi lanjutan jika diinginkan.

dokpri
dokpri
Setelah itu, masukkan ornamen-ornamen grafis untuk mempercantik...bisa buat sendiri, bisa juga download dari internet (tapi hati-hati ya, cari yang free jangan yang ber-copyright).
Ornamen selesai, kita masukkan TEKS sesuai keinginan...atau kalau tidak pun, kita bisa sisihkan space untuk TEKS, karena nanti sebelum di eksport ke WA, kita akan masuk dahulu ke aplikasi pengeksport yang juga menyediakan fasilitas pemberian teks.
Beres semuanya, kita save dalam bentuk *.PNG, dengan background ALPHA CHANNEL (bolong;dihilangkan warna dasar backgroundnya).

dokpri
dokpri
kalau sudah selesai, lempar file *.PNG tadi ke iPhone kita via iTunes tentunya, lalu langsung masuk ke aplikasi peng-eksport stiker ke WA.
Untuk ini, saya menggunakan aplikasi GRATISAN, namanya STICKER MAKER. Didalamnya ada fungsi langsung untuk mengeksport ke WhatsApp, selain juga editing sederhana gambar/ foto. dan teks yang akan kita eksport nanti.

dokpri
dokpri
Oya, kalau misalnya foto kita mengalami GAGAL BOLONG setelah di save menjadi *.PNG di photoshop, ada baiknya menginstall juga aplikasi MAGIC ERASER, disini kita dengan mudah bisa menghilangkan warna/gambar background yang kita ingin nantinya menjadi transparan. kalau bentuknya kecil, kita tinggal zoom layarnya dan tekan agak lama, sampai nanti berubah jadi kaca pembasar, jadi kita tidak akan salah memilih bagian mana yang akan kita buat transparan.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
So, beres deh semua...kita masukkan ke STICKER MAKER, upload ke WA...jadi deh kita punya sticker kreasi sendiri dan bisa berkirim pesan dengan lebih PRESTIGE tentunya.

Selamat mencoba, khususnya pengguna iPhone ya....

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x