Mohon tunggu...
Rulif Augheri Nail
Rulif Augheri Nail Mohon Tunggu... communication science college student

welcome to my blog

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Tren Bersepeda di Tengah Pandemi Covid-19

2 Juli 2020   21:40 Diperbarui: 2 Juli 2020   21:36 191 1 0 Mohon Tunggu...

Dalam beberapa pekan terakhir, semakin marak orang-orang berbondong-bondong untuk bersepeda di saat pandemi Covid-19.  Mereka memenuhi ruas jalanan di Ibu Kota dan daerah di pinggiran Ibu Kota. Bukan tanpa alasan mereka mendadak bersepeda, ada yang bersepeda karena tak ingin berdesakan di dalam transportasi umum karena dapat berpotensi tertular virus, ada pula yang hanya sekedar jalan-jalan untuk mengusir kejenuhan serta agar badan sehat dan bugar.

Di masa pandemi ini, bersepeda makin populer bukan hanya di Indonesia. Di sejumlah kota di dunia bahkan mulai membuat jalur sepeda yang fleksibel, misalnya di Milan, Jenewa, Brussels dan London. Hal itu demi menghindari kerumunan orang di transportasi umum yang bisa memicu penularan virus Covid-19.

Selain mendapatkan manfaat kesehatan, bersepeda dapat menjadi sarana rekreasi. Meski demikian, terdapat sejumlah kriteria saat bersepeda agar bisa mendapatkan manfaat yang optimal. Dokter umum dr Wahyu Tri Kusprasetyo mengatakan, bersepeda yang ideal seperti durasi hingga jarak tempuh ditentukan dari tujuan bersepeda bagi masing-masing orang.

Karena bersepeda bisa dibandingkan dengan jogging atau sprint tapi membutuhkan durasi yang lama, saat pandemi seperti ini dianjurkan untuk bersepeda dengan intensitas ringan hingga sedang dan tetap harus menggunakan masker.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x