Mohon tunggu...
Rukiah Amaliah Lubis
Rukiah Amaliah Lubis Mohon Tunggu... Kiah

Mahasiswa Biologi'17 Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara KKN-DR 33 UINSU

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Menjaga Sistem Imun dari Serangan Penyakit

15 Agustus 2020   10:37 Diperbarui: 15 Agustus 2020   10:43 67 3 1 Mohon Tunggu...

MENJAGA SISTEM IMUN DARI SERANGAN PENYAKIT


System imun atau daya tahan tubuh sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan. System imun sangat penting sekali dijaga dengan baik  supaya terhindar dari serangan berbagai penyakit.
System imun tubuh atau daya tahan tubuh yang baik dan bisa melindungi kita dari pertama kali masuknya kuman atau bakteri kedalam tubuh kita. 

Sistem imun ini layaknya tentara didalam tubuh kita yang selalu berpatroli dan siap siaga ketika ada penyusup masuk seperti bakteri dan virus. Oleh Karena itu, system imun harus selalu dijaga supaya tetap kuat dalam melawan bakteri dan virus yang membuat kita jatuh sakit.

Disadari atau tidak setiap harinya tubuh kita ini menghadapi berbagai ancaman dari luar yang berupaya memasuki tubuh kita dengan berbagai cara. Di luar tubuh kita terdapat jutaan bakteri, virus, pathogen dan berbagai mikroorganisme lainnya yang berupaya memasuki tubuh kita dengan cara melalui system pernapasan, sistem pencernaan, dan juga melalui permukaan kulit.

Maha besar Allah SWT dengan segala kekuasaan-Nya yang telah menciptakan manusia sebagai makhluk yang sempurna. Meskipun serangan yang sangat luar biasa dari berbagai bakteri dan virus tersebut mencoba menyusup kedalam tubuh kita tetapi Allah SWT sudah mempersiapkan sebuah sistem yang mampu menangkal  segala ancaman tersebut melalui sistem imun atau sistem kekebalan tubuh.

System Imun.
Yang dimaksud dengan system imun (Immune system) adalah kemampuan pertahan tubuh kita dari serangan pathogen atau mikroba berbahaya diluar tubuh. System imun atau imunologi berasal dari kata imun yang artinya kekebalan dan logos yang berarti ilmu. Jadi imunologi itu adalah ilmu yang mempelajari tentang system kekebalan tubuh. (Aripin, Ipin. 2019)

Sistem kekebalan tubuh (Immunocompetence) memiliki fungsi dalam membantu perbaikan DNA manusia seperti pencegahann infeksi yang disebabkan oleh jamur, bakteri, virus, dan organisme lainnya, serta dapat menghasilkan antibody (sejenis protein yang disebut immunoglobulin) untuk memerangi serangan bakteri dan virus  asing yang masuk kedalam tubuh. Tugas system imun adalah mencari dan merusak invader (penyerbu) yang membahayakan tubuh manusia. (Fatmah. 2006)

Mengapa system imun kita bisa  melemah dan menjadi lebih mudah terserang penyakit ?

Itu mungkin system kekebalan tubuh kita sedang mengalami penurunan kemampuan untuk melawan bakteri, virus dan benda asing lain yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit di dalam tubuh kita. Oleh karena itu, kita harus menjaga system imun kita dengan menerapkan pola hidup sehat, menghindari stress dan mengkonsumsi suplemen/ramuan.

Adapun tips atau cara yang bisa dilakukan dalam menjaga system imun kita dari berbagai serangan bakteri dan virus yaitu:

1. Memenuhui makanan yang sehat dan bernutrisi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x