Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... Lainnya - dibuang sayang

Ngopi dulu ☕

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Kisah Wang Wenjiao "Godfather" Bulutangkis Cina Kelahiran Solo

3 Agustus 2021   11:07 Diperbarui: 3 Agustus 2021   11:41 308 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kisah Wang Wenjiao "Godfather" Bulutangkis Cina Kelahiran Solo
Wang Wenjiao menerima penghargaan dari Presiden Cina Xi Jinping (badminton.skor.id)


Wang Wenjiao terkejut ketika pada tanggal 28 September 2019, pemerintah Cina melalui presidennya, Xi Jinping, menjadi salah satu dari 42 tokoh Cina lainnya yang mendapatkan penghargaan dari pemerintah Cina dikarenakan mereka sangat berjasa bagi kemajuan bangsa di segala bidang.

Siapakah Wang Wenjiao yang dimaksud?

Wang Wenjiao menjadi sorotan karena pria kelahiran Solo, Jawa Tengah, Indonesia tahun 1933 ini, dinilai sangat berjasa bagi perkembangan dan mengharumkan nama bangsa Cina di bidang olahraga bulutangkis.

Cina, selain Indonesia, sejauh ini memang dikenal sebagai salah satu raksasa bulutangkis dunia. 

Pada tahun 1953 Wang Wenjiao sempat berkunjung ke tanah leluhurnya sebagai delegasi Tionghoa-Indonesia. Pada saat itu, dia mengalahkan juara nasional Cina dengan 15-0.

Mengetahui standar bulutangkis di negara leluhurnya sangat rendah, dia bersama temannya yang kelahiran Indonesia, Tang Hsien Hu, memutuskan pindah ke Cina dan sejak 1954 dan mulai mengembangkan bulutangkis di negara tirai bambu itu.

Sama seperti Wang Wenjiao, Tang Hsien Hu juga menjadi salah satu legendaris Cina dan dunia.

"Saya kembali ke Cina bersama tiga orang teman dan menyebarkan olahraga ini. Pada saat itu sangat sedikit orang tahu tentang bulutangkis," kata Hou.

Atas segala kontribusinya yang membuat negeri Panda itu muncul menjadi salah satu raksasa bulutangkis, Hou Chia Chang (sebutan lain untuk Wang Wenjiao) lantas mendapat julukan sebagai "Godfather" bulutangkis Cina.

Sesudah memenangkan sejumlah kejuaraan nasional pada tahun 1950an, Hou Chia Chang lantas diangkat menjadi pelatih kepala tim bulutangkis Cina.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN