Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Bahasa Jawa Masih Dituturkan di Negara-negara ini, Bagaimana Asal-usulnya?

13 April 2021   10:05 Diperbarui: 13 April 2021   10:49 251 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bahasa Jawa Masih Dituturkan di Negara-negara ini, Bagaimana Asal-usulnya?
Orang Jawa di Suriname (hipwee.com)


Ethnologue menyebutkan di Indonesia ada terdapat lebih dari 720 bahasa daerah dari berbagai etnis dan suku bangsa yang ada di Indonesia.

Melansir dari koran Sindo, data terakhir ada 10 bahasa daerah yang paling banyak dituturkan dari keseluruhan.

Dari ke 10 bahasa daerah itu, bahasa Jawa paling banyak digunakan yaitu 100 juta pengguna. Selain digunakan di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Bahasa Jawa juga digunakan di luar wilayah yang sudah disebutkan di atas, bahkan di luar negeri dengan berbagai macam dialeknya.

Sebagai perbandingan, Bahasa Sunda menduduki peringkat kedua dengan 42 juta penutur. Dan di posisi ke 10 adalah Bahasa Betawi dengan 2,7 juta orang pengguna.

Suara.com merangkum 6 negara dimana Bahasa Jawa ini banyak digunakan dengan latar belakang sejarahnya masing-masing.

Ke 6 negara yang dimaksud adalah Suriname, Kaledonia Baru, Kepulauan Kokos, Belanda, Singapura, dan Malaysia.

Orang-orang Jawa yang tinggal di Malaysia sekarang ini adalah keturunan ketiga dari mereka yang berdatangan ke negeri Jiran pada tahun 1900 an untuk mencari pekerjaan yang layak. Orang-orang keturunan Jawa bermukim di wilayah Serbak, Tanjung Karat, Banting, Selangor, dan Sepang. Hingga kini mereka masih menggunakan bahasa leluhurnya.

Sedangkan sejarah adanya keturunan Jawa di Singapura karena dulunya, pada tahun 1825, pemerintah Hindia-Belanda membawa orang-orang Jawa itu untuk dipekerjakan di perkebunan-perkebunan milik orang-orang Belanda. 

Keturunan Jawa di Singapura itu kini bermukim di tepi Sungai Rochor. Mereka hidup rukun dengan populasi Singapura lainnya yang berasal dari etnis Melayu dan Cina. Mereka masih menggunakan Bahasa Jawa.

Sebagai negara yang menjajah Indonesia selama 350 tahun tentu meninggalkan catatan historis tertentu. Keturunan Jawa dibawa pemerintah Hindia-Belanda ke negaranya untuk dipekerjakan di sana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x